Navigasi

27 Desember 2017


Walkthrough Salah Sambung: 24. Kok Jadi Gini


24. Kok Jadi Gini


CATATAN: Akhir cerita ini sudah dihapus dan tidak dapat ditemui pada versi rilis aplikasi Salah Sambung.


Titik akhir: 475
Jumlah langkah: ±201 kali
Rute rekomendasi: 1A - 2B - 5B - 9B - 16A - 23B - 31A - 28A - 41A - 42A - 43A - 44A - 45A - 46A - 47A - 48A - 49A - 50A - 51A - 52A - 53A - 54A - 55A - 56A - 57A - 58A - 64A - 65A - 66A - 67A - 68A - 69A - 70A - 71A - 73A - 74A - 112A - 113B - 118A - 134B - 138C - 139A - 140A - 141A - 142A - 143C - 456A - 75C - 76A - 77A - 78A - 79A - 80A - 81B - 176A - 177A - 178A - 180A - 182A - 183A - 184A - 185A - 186A - 187A - 235A - 237A - 236A - 238A - 239B - 240A - 241A - 242A - 243A - 244A - 246A - 245A - 247A - 248B - 273A - 274C - 275A - 276A - 277A - 278A - 279A - 280A - 281A - 282A - 283A - 284A - 285A - 286A - 287A - 288A - 289A - 290A - 291A - 292A - 293A - 294A - 295A - 296A - 297A - 298A - 299A - 301A - 302A - 303A - 304A - 305A - 306A - 307A - 308A - 309A - 310A - 311A - 350B - 357A - 358A - 359A - 360A - 361A - 362A - 363A - 366A - 367A - 368A - 371A - 372A - 373A - 375A - 376A - 377A - 379A - 380A - 381A - 385A - 386A - 387A - 396A - 399A - 400A - 401A - 403A - 404A - 405A - 406A - 407A - 408A - 409A - 410A - 411A - 412A - 413A - 414A - 415A - 416A - 417A - 418A - 422A - 423A - 424A - 425A - 426A - 427A - 428A - 429A - 430A - 431A - 432A - 433A - 434A - 435A - 436A - 437A - 438B - 439A - 440A - 441A - 442A - 443A - 444A - 445A - 446B - 448A - 450A - 451A - 452A - 463A - 464A - 465A - 466A - 467A - 468A - 469A - 470A - 471A - 472A - 473A - 474A - 475

Riwayat lengkap obrolan:
Hey!
Ini fotoku kemarin ;)
2. Album 1 - Salah Kirim_CajKjGLJ.jpg
2. Album 1 - Salah Kirim_CdjKjGLJd.jpg
Hah?
Ini siapa ya?
Ini loh, cewek paling kece sedunia hahaha...
Hahaha…
Emang sih, kamu cantik banget di situ
Kayak bidadariii :D
Hahaha, diiyain..
Tapi tetep masih cantikan pacar kamu doong?
Hmm…
Kalau mau jujur sih ya cantikan kamu lah #eh
Ih kamu kok jadi gombal gitu sih?
Kesambet apaan?
Eh, jadi gimana kemarin acaranya?
Acara kemarin?
Hmmm lancar kok
Udah gitu aja?
Ga ada yang spesial gitu?
Seru sih sebenernya..
Rame, hahaha
Serius??
Hahaha, berarti berhasil dong ide surprise-kuu!
Suka ga pacarmu?
Hah?
Surprise?
Hah?
Haha becandaa :p
Surprisenya seru, hehe..
Btw, ko aku terus yang cerita!
Gantiaan, acara kamu kemarin gimana?
Kemarin ya gitu sih, gara2 kamu batalin mendadak aku jadi pergi sendiri deh..
Eh ini foto2 kemarin!
Cantik ga? Hihi :D
3. Album 2 - Jalan jalan_djKqDhpAd.jpg
3. Album 2 - Jalan jalan_dmKqDhpA.jpg
Eeehh..
Sori ya kemarin ga jadi nemenin :(
Ya ga apa2
Gimana lagi, toh emang masih lebih penting pacarmu daripada aku kan?
Aaaaa…
Aaaa?
Aaa… Ga tau harus jawab apa…
Kenapa ga tau?
Mmm ngomongnya gimana yah…
Aku mau jujur, tapi kamu jangan marah yah plis...
Hahh?
Gini, sebenernya kamu itu salah kirim chat…salah orang dari tadi...
???
Aku bohong, aku ga kenal kamu...
Aku ga tau harus gimana sekarang...
EEEHH?
Kamu bukan Damon???
Bukan…
Kamu pasti marah...
Tapi plis, aku cuma pengen kenal sama kamu :(
...
Kenapa diem?

Tunggu 30 detik

Hahahahaha
Kok malah ketawa?
Ga boleh ketawa?
Eh? Boleh sih…
Hahaha…
Aku juga mau cerita jujur, tapi kamu juga jangan marah yaa…
Haaaaah?
Jadiii…
Yang bohong itu justru aku
Bohong gimana?

Tunggu 15 detik

Kita emang ga saling kenal
Aku sengaja kirim foto, pura2nya kirim ke temen aku yang namanya Damon
Hah?
Aku bingung…

Tunggu 10 detik

Pasti bingung sih :P
Oh iya!
Aku Luna, salam kenal :)
Eh.. Salam kenal…
Hahaha, jadi awkward gini..
Maaf yah udah ganggu waktu kamu :)
Eh, ga ganggu kok!
Hahaha…
Ya udah, aku pamit ya
Makasih udah ditemenin ngobrol
Bohongmu lucu2 deh :D
Ahh…
Hahaha…
Ketahuan banget ya :P
Eh bentar, aku mau nanya nih…
Nanya apa?
Kenapa kamu sengaja salah kirim?
Mmm.. Pingin cari temen ngobrol :P
Kenapa ke aku?
Ga ke ke temen ato pacar kamu aja…mungkin?
Pacarku?
Hahaha...
Kok ketawa?
Mau tau cerita aku ngga?
Ceritamu?
Emang ada apa...
Hehe...
Gimana ceritanya?
Aku habis putus...
Gara2 hadiah surprise dari pacarku…
Loh dikasih hadiah kok malah putus??

Tunggu 15 detik

Bukan masalah hadiahnya sih…
Trus apa dong?
Tapi masalah dia bikin hadiahnya sama siapa
Mmmmm…
Dia ga pernah cerita kalau dia masih deket sama mantannya, sering jalan, bahkan bikin hadiah anniversary kemarin sama mantannya
Kok kamu tau?
Tau dong
Bahkan nama di kartu ucapannya aja bukan namaku, tapi nama mantannya :’)
Waduh…
Sorry to hear that…
Yang harusnya seneng nerima hadiah anniversary malah nangis pas baca kartu ucapannya di depan dia
Wow…
Aku bisa ngebayangin sedihnya gimana…
Aku masih sering nangis kalo kebayang lagi...
Menurutmu wajar nggak sih kalau aku mutusin dia?
Wajar lah!

(In-App Purchase)

Iya sih…
Mau tau ceritanya ga?
Cerita lengkapnya?
Aku males sih sebenernya ngomongin mantan kamu terus

Tunggu 20 detik

Mmm... Terus, kamu maunya ngomongin apa?
Emmm apa yah...
Ya apa gitu kek yang menurutmu seru
ZBL ah
Emm...kamu suka badminton?
Kok tiba-tiba badminton sih?
Emang kamu suka badminton?
Suka dong!
Oh ya?
Coba, di olimpiade kapan Candra Wijaya pernah dapet medali emas?
Olimpiade Sydney tahun 2000 kan?
Hmmm, kalau Liem Swie King pernah juara All England berapa kali coba?
3 kaliii
Hahaha, tau juga kamuu
Ya tau dong :D
Jadi kamu suka badminton nih?
Dulu main sampe SMA, tapi habis itu cedera ankle :(
Yah sedih :’(
Kalau main santai aja sih masih bisa kok
Biasanya main bareng siapa nih?
Bareng pacar
Eh mantan maksudnyaa...
Ciee masih bilang pacar, masih pengen cerita tentang dia yaa

(In-App Purchase)

Eh kenapa?
Emang ga boleh ya?
Boleh kok ^^ (IAP)
Beneran?
Kalo aku cerita tentang mantan aku kamu mau dengerin?
He eh, emang gimana ceritanya?

(In-App Purchase)

Eh bentar, aku tadi di cafe nih sama temenku
Ini jepretan dia, bagus ga?
4. Album 3 - Cafe_H7XdVahEd.jpg
Wow kamu kayak Samyang deh!
Hah kenapa Samyang?
Hot:))
Anjis laah hahaha
Hahaha XD
Eh, trus gimana ceritanya tadi?
Bentar2, ini ada foto lagi coba liat deh
Dari dua ini bagus yang mana?
Mau ku pake buat profpic nih :D
4. Album 3 - Cafe_don9ghSUd.jpg
4. Album 3 - Cafe_dq2GU6Kbd.jpg
Kayaknya yang pertama
Ah masa sih?
Ga ah, yg itu jelek
Eh gimana sih?
Tadi nanyaaa...
Hahaha, iya soriii..
Oh iya, kembali ke cerita, jadi awalnya tuh lucu sih…
Dia pura2 salah sambung gitu buat deketin aku XD
Oh ya?
Iyaa!
Dia ngajakin jadi relawan sekolah alam gituh, seolah tau kalau aku suka banget anak2
Eh ternyata dia udah stalking duluan
Wah canggih juga dia
Aku masih harus banyak belajar nih sama mantan kamu
Banyak belajar?
Kamu jelas dewanya bohong gitu :))
Hahaha, kamu jugaa :))
Haha
Sebelumnya kamu ngerasa kalau aku bohong ga sih?
Nggak, aku kan poloss :P
Iiih jijaaay
Hahaha
Trus gimana kamu?
Udah punya cewek belum sih?
Belooom
Kok belom?
Udah jago bohong gitu masa ga ada cewek yang ketipu?
Hahaha
Hahaha, sialan
Ga laku nih :(
Cewek sekarang suka milih2
Cewek tuh bukan milih2 tau
Mereka cari cowok yang bisa bikin mereka nyaman aja kok :)
Hemm, gimana yah…
Sampe sekarang gini2 aja
Hmmm, belum jodohnyaa aja kalii
Jadi cowok tuh ga usah pusing soal cewek
Ntar kalau kamu sukses juga banyak yang nempel :))
Amiiin
Makasih loh doanyaa :D
Tapiii
Jangan suka bohongin cewek lagi deh
Hahahaha
Okee
kamu juga yaa
Hahaha
Okee okee
Eh kamu mau ga?
Eh??
Ga jadi deh… :P
Loh kok ga jadi?
Hahaha, gapapaaa
Btw aku mau tanya nihh
Tanya apa lagi Luna?
Emmm...
Besok mantan aku ngajak ketemu nih
Diiyain nggak yah?
Ngapain ngajak ketemu kamu lagi?

Tunggu 15 detik

Hmmm... Katanya sih ngajak lari pagi
Lari pagi??
Emang dulu kalian sering lari bareng?
Hemm, kadang-kadang sih...
Kamu masih kangen yah sama mantan kamu?
Hmmmm...
Yah kalo kamu masih kangen gapapa sih...
Hufff...
Kamu kok gitu sih...
Btw aku tanya dulu nih, kamu bener udah yakin buat putus ama mantanmu?
Atau masih ragu-ragu sebenernya...
Oh, masalah itu
Yakin kok, yakin banget :)
Ya udah, kalau gitu besok malah bisa kamu jadiin kesempatan buat tegasin lagi ke dia, kalau kamu udah yakin 100% sama keputusanmu buat putus :)
Thank youu for your suggestion :D
Hu uh, aku bakal negesin lagi besok
Kamu ga perlu kuatir :D
Kuatir?
Kenapa kuatir?
Hahahaha
Jujur deh, kamu dalem hati kuatir kan aku ketemu mantan aku lagi :P
Ehhh, pede banget kamu
Nggak ah, biasa aja
Hihihi, ga percaya :P
Ya udah, aku off chat duluuu ya
Besok kukabarin lagi
Nice to chat with you
See u soon :D
Okayy, see u soon
Nice to know you too :D
Semoga lancar besok acaranya :)
Bye byee :D
Byee

(HARI KEDUA)

Heiiiii!
Haiii
Gimana kabarmu?
Baik, Luna :)
Gimana lari pagimu?
Ini baru beres lari paginya :D
Oya?
Trus, gimana? :)
ini tadi pagi, difotoin :P
5. Album 4 - Lari pagi_ixXdVahEd.jpg
5. Album 4 - Lari pagi_iyXdVahE.JPG
Jadi tadi ngobrol apa aja sama dia?
Hmmm.../ Iya, dia tadi minta maaf...
Gitu doang?
Terus dia ngajak balikan...
Kamu tolak kan?
Nggak, aku balikan ama dia...
sudah kuduga...
Sudah kuduga...
Tauu gitu kemarin kamu nggak kuijinin lari pagi :(
Kok...
Kenapa?
Aku kan ga mau kamu balikan ama dia :(
Hmmm...
Tapi... Ini kan keputusanku
Kamu juga bukan siapa2 aku
Ya itu makanya mending kemarin kamu kutahan biar hari ini ga ketemu
Trus kamu ga balikan
Gitu
Kamu jujur banget ya...
Kamu suka sama aku?
Trus kenapa kalo aku suka sama kamu?
Kamu juga udah balikan, ga ada gunanya juga kamu tau
Kamu lucu banget deh :)
Serah kamu lun
Hihihihi...
Maaf yah X(
Kenapa minta maaf?
Ya kamu klo masih suka ama dia balikan aja
Bukan gituuu...
Maafin aku, soalnya...
Soalnya apa?
Balikan?
Soalnya...
Aku bohong XD XD XD
WTH
Lun plis Lun
Jadi kamu ga balikan ama mantan kamu?
Hu uh :)
Aku ga balikan koook, hahaha
Kamu lucu banget deh, udah takut gitu XD XD
Takut apaa!
Hahahahaha
Bentar, bentar, ada satu lagi loh XD XD
Satu lagi apa?
Mmmm, tapi aku ga enak nih ngomongnya
Kenapa?
Takut kamu marah X(
Oke, aku janji ga akan marah...
Janji yah plis, beneran
Iyaaaa
Sebenernya...
Kemarin... Aku ketawa dulu boleh ga?
Sialan
Sialan kamu Lun
Hahahahaha
Kemarin bahkan mantan aku ga kontak buat ngajakin lari pagii, hahahaha
What?!
Terus itu kamu lari siapa yang foto?
Aku sama temenku kok larinya :P
Sama Inya
Tapi kemarin makasih loh, kamu care banget yah ama aku ternyata waktu tau mantan aku ngajakin jalan :)
Luna, kamu tega banget sih bohong terus gini
Yah maafiiin :( Tadi kamu janji ga akan marah kan...
Okeee, okeee
What's next then?
Udah kok
Itu aja :) Makasih yah udah care banget ama aku
Bahkan tadi kamu sempet ga sengaja bilang kalo kamu suka aku, hihihi
Mana ada
Nggak kali
Eh dia nggak ngaku
Malu ya? Malu kan
Ngaku deh :))
Lun, kalo kamu cowok udah kusumpah2in dari kemarin
Yah, sayangnya aku cewek :(
Karena aku cewek, kamu jadi suka yah? hahahahaa :))
Lun, plis stop
Gak lucu tau
Kok marah?
Tadi kan udah janji ga akan marah :(
Okee, okee
Tapi plis, kita bahas yang lain aja, oke?
Weeeeeek :P
Sial
Kamu itu emang sialan, hahahaha
Ehh ketawa diaaa XD
Ehhh wait wait
Kenapa?
Bentar ada telpon
Tunggu bentar ya
Okai, take your time

Tunggu 3 menit

Hei...
Gimana?
Kayaknya aku kena karma deh :(
Ada apa Lun...
Mantan aku...
Beneran ngajak ketemu besok...
Bentar lun
Sekarang, udah nggak lucu kalo kamu bohong lagi
Aku ga bakal nanggepin
Plis, ini beneran
Maafin aku :(
oke, kalo ini beneran trus kenapa?
Kamu kok jahat gitu sih...
Dia ngajak ketemu? Kapan? Di mana? Kenapa?
Hmmm, besok, di kampus aja sih, ga tau mau ngomongin apa
Katanya ketemu dulu aja gitu...
Kayak yang kuomongin kemarin sih Lun
Kalau kamu memang udah ga ada apa2 ama dia, ya udah besok ditegesin sekali lagi
Biar kamu nggak diganggu lagi ama dia
Okei... Hmmm... Kamu nggak takut kan?
Takut kalo kamu balikan sama dia lagi?
Terserah kamu mau apa lah Lun
Kamu kok gitu sih... :(
Terus kamu pengen aku buat nahan kamu biar kamu ga ketemu besok?
Nggak juga sih
Bener kata kamu, aku perlu tegesin biar dia ga ganggu2 aku lagi
Yapp, nice
Memang harus gitu
Thank you ya udah mau ngertiin aku :)
You're welcome Lun :)
Okeii, kalau gitu aku cau dulu ya
Besok aku kabarin :)
He'em, sampe besok Luna :D
Byee
Byee Luna :)

(HARI KETIGA)

Haii :)
Haii jugaa :)
Gimana? Jadi ketemu mantan?
Hmmmmm...
Hmmm kenapa Lun?
Agak aneh deh hari ini...
Agak aneh gimana?
Kan
Mantan aku ngajak ketemu di kampus kan ya
Iya, kayak yang kamu ceritain kemarin kan?
Iya, nah itu...
Nah itu gimanaaaa?
Nah itu...
Dia ga muncul, ga ketemu
Ga muncul?
Iya, dia ga dateng
Kutelpon ga bisa, kuchat ga bales
Aneh banget deh
Padahal dia selalu bales chat sama telponku
Eh tadi difotoin temenku di kampus :P
6. Album 5 - Kampus_jO0A6030.jpg
6. Album 5 - Kampus_jO0A6514.jpg
Ealah, malah kirim foto
Kamu udah coba tanya temen2nya?
Nah, aku juga udah tanya temen deketnya
Tapi balesannya bikin sebel tahu nggak
Bikin sebel gimana?
Masa katanya gini, "ngapain kamu nyariin dia hah?"
Ketus banget
Emangnya ga boleh ya nyariin mantan...
Malesin, ga kubales lagi deh
Kok ketus gitu sih?
Ga tau deh
Sebel
Aku tanya temennya yang lain juga sok kaget gitu gayanya
Sebel-beeellll
Kok pada gitu sih?
Pada dendam sama kamu apa?
Mana kutauuu
Makanya kubilang aneh banget
He eh aneh sih
Ya udah deh, tinggalin aja mantan kamu
Haha
Emmm... enggak deh
Aku malah jadi pengen ketemu
Sekalian klarifikasi juga kenapa temen2nya kaya gitu ke aku :(
Gimana caranya ketemu?
Dikontak aja ga bisa kan?
Hmmm...
Iya ya...
Kalau aku sih mending ga usah ketemu lagi aja, Lun
Lupain aja :(
Oh!!
Aku tauu!
Tau apa?
Aku sama dia tuh punya tempat hang out favorit
Sering banget berdua ke sana
Lah terus?
Jadi gini...
Aku bakal ngabarin dia besok kalau aku bakal nungguin dia di sana
Aku SMS, chat, DM, PM, semuanya deh
Semoga dia baca :)
Lah kalau dia ga baca?
Ya salah dia sendiri
Yang pertama ngajak ketemu dia kan?
Di pesennya kutambahin juga aja kalau ga dateng ga usah ketemu2 lagi
For good
Beres kan :)
Sounds like a good plan :)
Kenapa? Seneng?
Kamu berharap dia ga dateng kan?
Hahaha, nggak lah :P
Ya pengen masalah kamu ama dia segera beres dong yah
Ih ga percaya ah
Hahaha
Beneran, sumpah :P
Iyaa, iyaa...
Hahaha
Ngapain kamu habis ini?
Mau tidurr :)
Hahaha, dasar
Kamu orangnya pemalas yaa
Tidur mulu pasti?
Hahaha, mana ada
Udah jam tidurku aja ini :)
Okee deh, met tidur
Besok kukabarin yah :)
Okee, Luna
Sampai besok yap :)
Baii :)
:)

(HARI KEEMPAT)

Haloo~
Halo Lunaa, lama ga berkabar :)
Ihh lebay banget kamuu
Kan kangen sama kamu Lun...
Hiiii apa deh
Udah ah males!
Hahaha
Iyaa, iyaaa
Jadi, ada cerita baru apa lagi?
Aku makin bingung nih :(
Ada apa lagi Luna...
Aku ga ngerti lagi harus gimana :(
Ceritain dong dari awal...
Kemarin kan aku udah ngabarin dia buat dateng ke tempat biasanya
Aku kabarin lewat semua sosmed dia bahkan...
Iya, kamu udah cerita kemarin...
Aku seharian nungguin di sana...
Okay, lalu...
Ehh bentarr, kemarin di fotoin pelayan di sana, bagus ga, hehe ^^
7. Album 6 - Menunggu_Kop9ghSU.jpg
7. Album 6 - Menunggu_Kop9ihSU.jpg
Ya ampun kamu nih yah
Foto terus yang dipikirin...
Kamu ga suka kukirimin fotoku?
Ya udah maaf deh
Ga akan kirim foto lagi ke kamu
Huff
Yeee Luna gitu aja marah...
Ah males bahas
Ya sama males
Eh eh, jadi gimana ceritanyaa
Iyaa...
Udah aku tungguin seharian dia ga dateng
Kutelpon, chat, semuanya, ga ada jawaban
Bahkan dibaca pun nggak :(
Kamu yakin mantan kamu nggak sengaja mainin kamu?
Nggak mungkiin
Dia orangnya ga kayak gitu kok! Oh ya
Aku juga kontak lagi temen2nya...
Gimana kata mereka?
Masa, bukannya dikasih tahu di mana, aku malah dikatain GILA
Siapa yang bilang kamu gila?
Temen2nya semua yang aku kontak
Malah ada yang sampe telpon bilang aku ga waras :(
Jahat amat sih mereka...
Ga punya perasaan apa?
Iya, aku ga nyangka kok jadi gini :(
Trus kamu mau gimana sekarang Luna?
Mmm
Masih ada satu lagi yang mau kulakuin...
Apa lagi?
Aku mau ke kostnya aja langsung...
Okeii, kapan?
Sekarang aja
Nanti kukabarin yah...
Take care Luna
Kalau ada apa-apa kabarin yap
Yap
Thank you
Sama2 Luna :)

Tunggu 30 menit

Heii
Sudah sampai?
Aneh banget...
Aku ngeri, merinding...
Hah?
Ada apa Lun?
Kost nya sepi banget
Kayak udah lama ga ditempatin
Lah kok bisa? Emang kamu terakhir ke sana kapan?
Hmmm lupa...
Lupa?? Kok bisaa?
Aku emang jarang ke kostnya soalnyaa
Trus itu kostnya udah tutup apa gimana?
Kata tetangga udah setahunan ini kostnya ga dipake
Abandoned gitu
Lah terus mantan kamu tinggal di mana?
Aku juga nggak tauu...
Loh kok ga tau sih...
Kamu putus udah berapa lama sih Lun?
Hmmm...
Satu bulan ya kayaknya...
Loh baru dong
Kok kamu ga tau dia pindah ke mana?
Setau aku dia di situ kok...
Dia ga pernah bilang kalo pindah?
Nggak pernah
Kamu ga mau coba tanya orang tuanya?
Hmmm coba bentar...
Okee
Gak ada yang ngangkat
Ga ada yang bisa ditanyain lagi ya?
Gak tau...
Lama2 aku takut di sini
Merinding
Better pulang deh
Jangan kelamaan sendiri di tempat sepi kayak gitu...
Iya deh aku pulang
Udah, lupain aja mantan kamu
Dia pindah ga bilang2 ke ceweknya, jangan2 nyembunyiin sesuatu tuh...
Tapi ya
Waktu aku masuk ke selasar kost yang udah sepi bgt, aku kayak denger suara dia manggil pelan banget dari jauh gitu...
Wut??
"Luna, kamu cari aku ya? Aku kangen..." gitu
Perasaan kamu aja kali, hahaha
Kamu ga percaya yah :(
Aku udah kenyang kamu bohongin Lun...
Kamu mau aku kirimin foto2 kostan tadi?
Biar kamu percaya
Oke, mana
Ini dari luar, kosong dan agak angker
8. Album 7 - Kost Damon_Lop9ghSU.jpg
Gelap fotonya
Trus ini di selasar, ngeri banget aku takut :(
8. Album 7 - Kost Damon_Lqp9ghSU.jpg
Item semua Lunaa
Hah? Item?
Itu ada gambarnya jelas gitu
Kamu jangan nakut2in deh
Hmmm aku ga ngerti...
Astaga! Ini!!
8. Album 7 - Kost Damon_Lqp9jhSU.jpg
WTF
Ini beneran tadii
Aku takuut
Kuhapus semua deh fotonya
Males liat ada yang aneh lagi...
He eh
Thank you yah btw udah nemenin terus dari kemarin
Aku ga tahu klo ga ada kamu aku harus gimana :')
Iya Luna, Sama2 :)
:)
Btw, kamu ngekost juga atau tinggal di rumah?
Rumah
Kenapa emang?
Ga apa2 :)
Kalau kita ketemuan, kamu mau ga?
Hmmm boleh
Emang kamu tinggal di mana?
Ah gampang aku mah
Janjian aja kamu pengen ketemuan di mana
Aku pasti bisa dateng ke situ ;)
Okee deh
Di mana ya enaknya...
Kabarin aja besok ya, aku mau tidur cepet
Masih kebayang yang tadi X(
Okee Lunaa
C u tomorrow :)
See you :)



(HARI KELIMA-A)

Halo...
Halo juga...
Salam kenal ^^
aku Inya, temennya Luna...
Halo Inya, ada apa ya?
Bener ya,
kamu kenal sama Luna
iyapp,
beberapa hari yang lalu kenalnya :)
iyah, aku temen deketnya Luna juga,
dulu sih...
Dulu?
Menurut kamu,
Luna gimana orangnya ^^
Baik kok anaknya :)
cuma kasian aja,
masih belum move on baru aja putus sama pacarnya ^^
terus pacarnya,
eh mantannya masih sering ngajak ketemu dia gitu kan pasti?
wait,
kok kamu tahu?
Kamu udah ketemu sama dia??
Udah janjian sih,
mungkin beberapa saat lagi
wait jangann!!
jangan ketemu dia,
dia psikopat!
maksud kamu apa sih,
bilang Luna psikopat?
Mau tau salah satunya?
Mantan Luna itu udah meninggal sejak tahun lalu,
meninggal di kostnya...
Jangan ngomong asal ya...
Ngerinya lagi,
waktu ditemuin meninggal,
Luna tuh lagi di kamar kost itu juga...
Kamu ngomong bener kan?
Kalo kamu ga percaya ya udah,
aku cuma mau ngasih tahu aja,
aku tuh khawatir banget Luna ngulangin lagi siasatnya ke cowok-cowok random...
jauh jauh deh dari orang psikopat...
Inya, Thank you yah buat infonya...Luna...
Kamu kok bisa kenal sih ama Luna?
Ati-ati deh sama orang baru gitu, jangan main ketemu aja...
Okee, okee
thank you sekali lagi...
Yapp,
sama-sama, Byee

Inya has left the chat




(HARI KELIMA-B)


Tunggu 2 jam

Haii!
Halo Luna :)
Gimana kabar?
Never been better :)
Nice :)
Jadi besok kita ketemuan di mana nih?
Eh kayanya besok aku ga bisa nih Lun
Oohh santaai
Ga harus besok kok
Kamu bisanya kapan? Di mana?
Hmmm belum kepikir sih kapan dan di mana hehe
Oh gitu
Oke deh, kalau gitu aku minta alamatmu dong
Siapa tahu kalau lagi deket bisa mampir, hehehe
Next time pas kamu kosong aja, nanti kukasih alamatku :)
Aku sih sekarang juga kosong :)
Kasih tau aja dulu alamatnya
Nanti kalau kamu kosong aku tinggal meluncur ke sana :)
Nanti aja deh Lun :)
Kenapa harus nanti? Sesibuk itu kah sampe ngasih alamat aja ga bisa?
Eee bukan gitu
Cuma nanti aja kukasihnya, gpp kan?
Kamu kok kayak yg beda hari ini...
Ada yg ngontak kamu ga?
Bela? Atin? Apa Inya?
Hah? Siapa?

Tunggu 60 detik

Anjing bener yah
Kemarin HP kutinggal sebentar, pasti dibuka sama mereka
Kamu ngomong apa sih Luna? Kok jadi gini...
Heh lu ga usah pura-pura bego
Siapa yang ngontak? Si Atin?
Aku ga ngerti kamu ngomong apa Lun
Kamu kenapa?
Dasar anjing, lu ilang satu ga apa, gua masih punya yang lainnya, banyak, cuma gua kesel aja ada yang buka HP gua, siapa? Bela? Inya?
Jangan asal ngomong ya, gua bisa laporin lu ke polisi detik ini juga, foto lu, nomor lu, udah gua punya semua
Hahahaha, emang ini no gua? ini nama gua? jangan sok jagoan lu, Hahaha
Oke serah lu, at least gua bisa nyebarin info klo ada penipu kaya lu di luar sana
Wakakaka, mau ngancem die, hahaha, sekarang lu cukup kasih tahu siapa yang kontak lu, daripada gua beresin tiga-tiganya
Semoga orang-orang kaya lu dapet balesan sepantasnya di akhir nanti!
Wakakaka, Byee

087934587234 has left the chat


Lihat pula


Simulasi Permainan Salah Sambung dan Sekilas Mengenai Versi Rilisnya


Ikon baru aplikasi
Salah Sambung
Apa kabar para pembaca Isamu no Heya? Sebelum-sebelum ini kalian pasti sudah menemui banyak kiriman walkthrough dari permainan Salah Sambung. Masih berkaitan dengan Salah Sambung, kali ini Isamu no Heya memberikan sesuatu yang sedikit berbeda kepada para pembaca sekalian, yaitu sebuah simulasi yang dapat kalian mainkan sesuka kalian. Namun sebelum itu, mari kita bahas mengenai versi rilis terbaru permainan ini yang baru saja keluar.

Rilisnya aplikasi versi terbaru Salah Sambung


Jika kalian mengikuti Halaman Salah Sambung di Facebook, pastinya kalian sudah mengetahui bahwa pada versi rilis permainan Salah Sambung ini terdapat beberapa perubahan, baik secara cerita maupun dari fiturnya. Perilisan ini sendiri sempat mundur, dari awalnya dijadwalkan akan rilis pada bulan Oktober, hingga akhirnya baru bisa dirilis di bulan Desember ini. Pastinya pihak pengembang Rolling Glory Jam sudah menyiapkan fitur-fitur baru untuk dapat kalian mainkan. Apakah kalian sudah mencobanya?

Akhir cerita yang dihapus dan ditambah


Jika kalian melihat kiriman Isamu no Heya sebelumnya mengenai stiker achievement Salam Sambung, kalian pasti mengetahui bahwa permainan ini memiliki 24 akhir cerita yang berbeda-beda, di mana kalian dapat memperoleh stiker achievement jika menjalani rute tersebut hingga selesai.


Ke-25 pilihan akhir cerita pada versi rilis. Terdapat 4 akhir cerita dari versi aplha
berwarna merah yang dihapus, serta 5 akhir cerita baru di paling akhir.
Pada versi rilis ini tetap ada 24 pilihan akhir cerita yang dapat kalian mainkan, namun ada perubahan. Untuk akhir cerita yang dihapus sendiri ada empat buah yaitu:
  1. Gagal PDKT
  2. Cowok Ga Percaya
  3. Cowok Bakat Selingkuh
  4. Kok Jadi Gini
Gagal PDKT Cowok Ga Percaya Cowok Bakat Selingkuh Kok Jadi Gini

Namun jangan khawatir, kalian masih bisa memainkan keempat rute ini melalui simulasi yang dapat kalian temukan di akhir kiriman ini. Atau kalian juga bisa mengecek riwayat percakapannya melalui kiriman walkthrough sebelumnya, mulai dari akhir cerita #5 Gagal PDKT yang bisa kalian selesaikan dalam sembilan langkah saja, hingga akhir cerita #24 Kok Jadi Gini yang memerlukan waktu berhari-hari untuk diselesaikan.

Selain penghapusan, versi rilis Salah Sambung ini juga menambahkan akhir cerita baru sejumlah empat buah juga yaitu:
  1. Cowok Keceplosan^^
  2. Siapa Sih Dia?
  3. Foto Apa Itu?
  4. Percaya Setengah-setengah
Cowok Keceplosan^^ Siapa Sih Dia? Foto Apa Itu? Percaya Setengah-setengah

Pada bulan Oktober lalu sebelum aplikasi ini dirilis, pada halaman facebooknya sempat diumumkan bahwa ada satu lagi achievement baru, yaitu Cowok Penurut. Namun nampaknya akhir cerita ini ditiadakan, sehingga pilihan akhir cerita tetap berjumlah 24 sama seperti pada versi alphanya, tidak bertambah menjadi 25 seperti yang pernah diberitahukan sebelumnya.

Fitur titik mulai ulang yang baru



Pilihan titik mulai ulang
pada permainan Salah Sambung.
Terlihat di belakangnya tiga pilihan yang
salah satunya berlambang gembok,
menandakan In-App Purchase.
Bila tadi kita sudah membahas mengenai perubahan pada ceritanya, sekarang kita akan membahas perubahan fitur pada versi rilis. Fitur baru yang sudah diumumkan melalui halaman Facebooknya beberapa waktu sebelum versi rilis ini dikeluarkan adalah fitur titik mulai ulang.

Dengan adanya fitur ini, kalian dapat memulai ulang dari titik-titik yang sudah ditentukan oleh pengembang yang sudah kalian lalui sebelumnya, misalnya saat Luna berencana lari pagi atau saat Luna janji dengan mantannya di kampus. Jadi kalian tidak perlu memulai ulang dari awal jika telah menyelesaikan suatu rute.

Titik mulai ulang yang tersedia di antaranya adalah:
  1. Mulai dari awal ketika kita belum kenal
  2. Mulai ketika aku bercerita tentang mantanku
  3. Mulai ketika aku berencana lari pagi
  4. Mulai ketika aku janji dengan mantanku di kampus
  5. Mulai ketika aku janji dengan mantanku di tempat favorit
  6. Setelah aku pulang dari kost mantanku
  7. Setelah Inya menghubungimu
  8. Mulai ketika aku ingin bertemu mantanku untuk yang terakhir kalinya
Namun bila menurut kalian fitur tersebut masih kurang, kalian tentu dapat mencoba simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya di bawah ini. Melalui simulasi ini, kalian dapat pergi ke titik mana pun dalam permainan, baik yang sudah kalian lalui sebelumnya maupun yang belum, dan tentu saja untuk memulai ulang dari awal. Selain itu, kalian juga dapat membatalkan pilihan kalian yang terakhir dan kembali ke titik-titik sebelumnya untuk memperbaiki kesalahan pemilihan atau pun mencoba pilihan lainnya untuk mengetahui dampaknya pada alur cerita.

Foto dan album yang baru



Salah satu foto baru di album Jepang.
Karena adanya penambahan akhir cerita, tentunya juga ada album foto baru di versi rilis ini. Album foto yang baru di antaranya adalah:
  1. Kost Mantan
  2. Inya dan Luna
  3. Foto Bareng
  4. Jepang

Pembelian dalam Aplikasi (In-App Purchase) dan Iklan


Salah satu penambahan fitur lainnya adalah In-App Purchase (IAP). Bila selama ini kalian dapat memilih pilihan sesuka kalian, pada versi rilis ini ada beberapa pilihan yang dikunci, ditandai dengan adanya lambang gembok di sebelah kiri pilihan tersebut. Seperti yang sudah diinfokan di kiriman sebelumnya, kalian perlu membayar sebesar Rp 15.000 melalui Google Play untuk membukanya.

Selain membuka pilihan menuju rute akhir cerita yang berdurasi hingga tujuh hari waktu main, dengan membayar Rp 15.000, kalian tidak akan lagi disajikan iklan di tengah-tengah permainan kalian. Ya, iklan ini juga merupakan fitur baru di versi rilis ini. Ini akan menjadi pemasukan tambahan yang pasti untuk pihak pengembang, selain dari In-App Purchase yang bersifat opsional.

Konten eksklusif lain yang dapat kalian buka setelah melakukan In-App Purchase adalah kalian akan dapat melihat keseluruhan foto dari masing-masing albumnya Luna, tidak hanya yang Luna kirimkan pada kalian dalam percakapan. Umumnya ada tambahan empat foto di dalam setiap album, melengkapi dua foto yang sudah dikirimkan Luna kepada kalian.


Ikon aplikasi lama
Salah Sambung
Namun bila menurut kalian iklan tersebut agak menggangu, dan kalian tidak berniat untuk membeli konten eksklusifnya, kalian tentu dapat mengabaikan pembaruan aplikasinya dan tetap berada di versi alpha yang masih bebas iklan. Bila sudah terlanjur diperbarui, kalian dapat mengunduh dan memasang APK versi lama dari situs APKPure. Namun, perlu diingat pada versi alpha 0.7 ini semua pilihan yang pada versi rilisnya harus dibuka dengan In-App Purchase tidak tersedia. Atau, kalian juga dapat mencoba simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya di bawah ini, yang tentunya bebas iklan juga.

Simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya



PEMBARUAN:

Pesan permintaan dari Wastu via Facebook.


Atas permintaan Wastu dari Tim Rolling Glory Jam, simulasi ini telah diubah sehingga tidak dapat lagi menampilkan konten eksklusif yang hanya bisa diakses setelah melakukan In-App Purchase. Cuplikan percakapan terlampir di samping.

Perubahan simulasi ini meliputi:
- Penghapusan mode naskah yang menampilkan seluruh percakapan dalam permainan.
- Penghapusan fungsi pergi ke hari tertentu. Kalian masih bisa memainkannya berurutan.
- Penghapusan fungsi melanjutkan percakapan setelah mengeklik pilihan dengan IAP.
  Silakan lakukan In-App Purchase dan mainkan langsung di perangkat kalian.


Berikut ini adalah simulasinya. Alur cerita ini diambil dari versi alpha terakhir kedua sebelum rilis (chat 9). Selamat bermain!

Buka percakapan:  Luna  |  Inya 
Pergi ke titik tertentu
Simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya
Mainkan di tab terpisah

Demikian kiriman kali ini. Sampai jumpa lagi di kiriman selanjutnya.

Lihat pula

30 November 2017


Lagu "Masa Depan" oleh Hatsune Miku ("Mirai e" bahasa Indonesia), plus tutorial vocaloid

Halo semuanya! Sudah cukup lama ya saya tidak mengirimkan kiriman mengenai lirik lagu di blog Isamu no Heya ini. Kalau kalian lihat, beberapa kiriman sebelumnya membahas tentang permainan Salah Sambung. Namun, berhubung versi rilisnya tidak kunjung keluar hingga sekarang, mari kita beralih kembali sejenak ke kiriman mengenai lirik lagu.

Kiriman lirik lagu terakhir di blog ini sendiri adalah lagu tema The Anthem of The Heart "Ima, Hanashitai Dareka ga Iru" oleh Nogizaka46 pada Juli 2016 lalu. Sudah cukup lama bukan?

Jika pada kiriman lirik-lirik lagu sebelumnya umumnya saya menggunakan video klip asli penyanyinya, atau setidaknya masih menggunakan rekaman asli penyanyinya (misalnya saja seperti lagu penutup Anohana "secret base ~Kimi ga Kureta Mono~" yang menggunakan cuplikan dari animenya dan menjadikannya sebuah AMV), pada kesempatan kali ini saya sama sekali tidak menggunakan video klip atau pun rekaman asli dari penyanyinya.


Ilustrasi Hatsune Miku
Lebih tepatnya, saya ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Jadi, jika sebelumnya saya sekadar mengerjakan terjemahan liriknya lalu menambahkan takarir teks pada videonya, pada kesempatan kali ini saya ingin terjemahan tersebut dapat dinyanyikan juga oleh yang lain. Berhubung tak mudah untuk mencari seorang penyanyi yang sukarela melakukannya, saya memutuskan untuk menggunakan aplikasi sintesis suara untuk lagu yang sudah cukup terkenal yaitu Vocaloid.

Pada pengerjaan proyek video klip ini saya menggunakan bank suara Hatsune Miku, tokoh pertama dalam Character Vocal Series dengan kode nama CV01 yang sudah dikenali banyak orang akan suara tinggi khasnya. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana proses produksinya. O ya, jika kalian suka dengan Hatsune Miku, Isamu no Heya juga memiliki lirik untuk video klip Hatsune Miku loh, seperti lagu tema Anime Festival Asia Indonesia 2013 "Game Over".

Sekilas mengenai lagu "Mirai e" oleh Kiroro

Mengapa saya memilih lagu ini?


Nah, sebelum kita memulai tutorial yang membahas mengenai proses produksi video musik vocaloid ini, mari kita bahas sekilas mengenai lagu "Mirai e" oleh Kiroro ini terlebih dahulu.

"Mirai e" (未来へ), yang memiliki arti "Menuju Masa Depan", adalah salah satu lagu dalam album perdana dari duo musik asal Jepang Kiroro (キロロ). Albumnya sendiri yang berjudul "Nagai Aida ~Kiroro no Mori~" (長い間 ~キロロの森~) sudah dirilis pada Oktober 1998. Dalam album ini terdapat pula lagu "Suteki da ne" (すてきだね) yang juga cukup populer.


Sampul album
Nagai Aida ~Kiroro no Mori~
Banyak yang menganggap kedua lagu ini dipakai sebagai lagu tema Final Fantasy IX dan X, namun sebenarnya bukan. Lagu yang dipakai oleh Final Fantasy IX adalah "Furusato" (ふるさと), sedangkan pada Final Fantasy X menggunakan lagu berbeda namun berjudul sama yang dibawakan oleh Nakano Ritsuki (Rikki).

Kembali lagi ke "Mirai e". Kepopuleran lagu ini, mengakibatkan munculnya versi-versi lain lagu ini. Misalnya saja lagu "Hou Lai" (后来) yang dibawakan oleh Rene Liu (刘若英) dalam albumnya "Wo Deng Ni" (我等你) pada tahun 2000. Indonesia pun memiliki lagu berbahasa Jawa berjudul "Sayang" yang dibawakan Maulidia Octavia (Via Vallen) dalam album berjudul sama pada tahun 2017.

Sayangnya, kedua lagu di atas hanya menggunakan nada yang sama dengan "Mirai e", namun makna lagunya berubah. Kedua lagu tersebut bukanlah terjemahan dari "Mirai e". Maka dari itu, saya mencoba menghadirkan lagu dengan nada yang sama dan juga terjemahan yang sesuai dengan aslinya, sehingga lebih banyak orang tahu apa makna sesungguhnya dari lagu "Mirai e" ini.

Sekilas mengenai lagu "Masa Depan" ini

Mengapa saya memilih Hatsune Miku?


Setelah membaca tulisan di atas, tentunya kalian sudah mengetahui alasan saya menggunakan Vocaloid dan bukan vokal orang asli. Sekarang, saya mau sedikit membahas mengapa saya memilih Hatsune Miku, dan bukan bank suara Vocaloid lainnya seperti Rin/Len, Luka, ataupun Kaito.

Alasan yang pertama tentunya karena Hatsune Miku (初音ミク) merupakan bank suara yang sangat populer dan menjadi ikon dari Vocaloid itu sendiri, dan tentunya sudah lebih dulu ada sehingga bank suaranya pun lebih mudah didapat. Alasan lainnya adalah karena nama Miku sendiri adalah salah satu pelafalan lain dari kanji "未来" khusus untuk nama (nanori). 未来 umumnya dibaca "Mirai", artinya "Masa Depan". Kanji yang sama dengan yang digunakan dalam awal judul lagu ini. Di Tiongkok, nama Hatsune Miku bahkan ditulis dengan kanji tersebut menjadi "初音未来", yang artinya "Suara Pertama dari Masa Depan".

Proses produksi lagu "Masa Depan" oleh Hatsune Miku

Tutorial membuat lagu dengan Vocaloid


Berikut langkah-langkah untuk memproduksi video musik Vocaloid:
  1. Mendapatkan notasi untuk vokal lagu

    Kalian dapat membuatnya sendiri dari nol, mendigitalisasi lembaran musik (not balok), atau pun mengkonversinya dari berkas instrumental seperti MIDI. Kalian dapat melakukannya langsung di Vocaloid, ataupun melalui program tambahan seperti MidiNotate Composer.

    Saya menyarankan untuk tidak langsung membuat di Vocaloid. Karena jika ada hal yang ingin diubah seperti posisi waktu, durasi, ketinggian, hingga volume suatu nada, akan sulit dilakukan jika dikerjakan dalam aplikasi Vocaloid, dan bahkan terkadang mengakibatkan aplikasi crash jika perubahan diterapkan untuk keseluruhan lagu.

    Dalam proyek ini, saya sendiri menggunakan MIDI yang sudah saya dapatkan dari freemidi.org yang dibuat oleh Jejis Music ini untuk kemudian dibuka dengan MidiNotate Composer untuk menemukan pada jalur berapa dan instrumen apa vokalnya dimainkan.

  2. Memindahkan notasi ke Vocaloid dan menambahkan lirik

    Jika dirasa notasi tersebut sudah sesuai, saatnya memindahkannya ke dalam aplikasi Vocaloid. Karena saya menggunakan MIDI, saya langsung mengimpor berkas MIDI tersebut ke dalam aplikasi, tentunya hanya untuk jalur yang berisi vokal. Hasilnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah.


    Tampilan aplikasi Vocaloid2.
    Terpilih not pertama dalam lagu ini, dengan lirik "co" dan phonetic "tS o".
    Sesuaikan notasi vokal. Kalian dapat menyeret di tengah not untuk memindahkan posisi waktu maupun mengubah ketinggian nada, menyeret di ujung not untuk mengubah durasi nada, maupun menahan lama not untuk memutar vokal untuk not tersebut. Di awal, setiap not akan diucapkan sebagai "a". Untuk mengubah getaran, klik-kanan pada not lalu pilih properti. Sedangkan untuk volume, tekanan, kejelasan, pola nafas, dan lainnya dapat kalian temukan di bagian bawah layar.

    Selanjutnya adalah mengisi liriknya. Untuk melakukannya, klik-kanan pada not lalu pilih properti. Di sana kalian dapat memasukkan lirik aslinya pada kolom kiri (opsional), dan instruksi pengucapannya (phonetic) di kolom kanan. Pada umumnya, kedua kolom ini berisi nilai yang sama, namun terkadang perlu juga dibedakan. Jika menggunakan bank suara bahasa Jepang, kita perlu mengubah pengucapan yang tak tersedia, seperti "e pepet" dan "l". Mereka masing-masing dapat digantikan dengan pengucapan "u" (instruksi "M") dan "r" (instruksi "4").

    Untuk instruksi lainnya beserta contohnya, dapat kalian temukan di User Word Disctionary pada menu Lyrics, atau bisa juga dengan mencarinya di Vocaloid Phonetic Library. Berikut ini contoh penulisan instruksi untuk baris pertama dari lagu "Masa Depan" ini: tS o - o - b a - d' i - b a - w a C - k a - k' i - k a M - 4' i - h a t - 4 a - a C.

  3. Me-render hasil sintesa suara Vocaloid

    Jika kalian sudah selesai membuat vokalnya, maka sudah saatnya me-render hasil sintesa suara Vocaloid kalian ke dalam berkas audio. Pilih Export > Wave pada menu Export, dan kalian akan mendapatkan berkas .wav yang dapat kalian mainkan di pemutar musik favorit kalian.

  4. Mendapatkan musik latar belakang/instrumental

    Kalian dapat membuat sendiri juga musik latar belakangnya dengan aplikasi seperti MidiNotate Composer, atau menggunakan rekaman instrumental (off-vocal)-nya. Bila sebelumnya kalian menggunakan berkas MIDI, kalian juga dapat menggunakan untuk musik latar belakang. Ekspor musik latar belakang tersebut ke dalam format .wav.

    Dalam proyek ini, saya kembali menggunakan MIDI yang sudah saya dapatkan sebelumnya. Untuk lebih menekankan vokal Vocaloidnya, kalian mungkin perlu untuk menghapus jalur (instrumen) yang memainkan vokalnya, atau setidaknya mengecilkan volumenya.


    Tampilan aplikasi MidiNotate Composer.
    Terpilih jalur kedua yang merupakan alat musik yang memainkan vokal dalam lagu ini.
    Kalian dapat mencoba memainkan satu alat musik saja dengan Solo staff while muting others.
  5. Menggabungkan vokal dengan musik

    Jika berkas audio vokal dan musik latar belakangnya sudah siap, maka sudah saatnya untuk menggabungkannya. Kalian dapat menggunakan program Audacity seperti yang saya gunakan.

    Di Audacity, imporlah kedua berkas tersebut, lalu jika perlu geser waktu mulai salah satu berkas sehingga vokal muncul di saat yang tepat. Pilih gelombang datar di awal dengan menyeret gelombang tersebut atau dengan memasukkan waktu di bagian bawah layar, lalu tekan tombol Delete untuk menghapus jeda jika vokal terlambat. Pilih Silence pada menu Generate di awal jalur jika vokal terlalu cepat.

    Jika pada hasil render Vocaloid sebelumnya masih ada yang terasa kurang pas, pada menu Effect kalian masih bisa mengubah volume (amplify), ketinggian nada (pitch), atau bahkan menambahkan getaran yang ada

    Setelah vokal dan musik sudah berjalan beriringan, maka lakukan proses Mix and Render pada menu Track, lalu ekspor hasilnya ke berkas audio baru dengan mengeklik Export pada menu File. Kalian dapat menyimpannya sebagai berkas .wav kembali, maupun dalam format lain seperti .mp3. Kalian juga dapat menambahkan informasi seperti judul, penyanyi, album, nomor lagu, genre, tahun, hingga komentar pada saat melakukan ekspor.


    Tampilan aplikasi Audacity.
    Terpilih jalur vokal dari detik pertama hingga detik kelima.
  6. Menyiapkan video

    Dapatkan video latar untuk mengiringi lagu kalian. Kalian dapat menggunakan video musik asli penyanyinya, video lain yang sesuai, atau bahkan membuat video sendiri dari cuplikan video atau gambar-gambar lain. Untuk melakukannya, kalian dapat menggunakan aplikasi seperti Windows Movie Maker atau Avidemux.

    Dalam proyek ini, saya menggunakan video dari Luz Calor Som dari dengan tema pemandangan bunga, langit, dan bintang yang kemudian diperlambat dua kali lipat, dan dipotong dengan menggunakan aplikasi MKVToolnix.

    Informasi lebih lanjut mengenai proses pemotongan video ini dapat kalian temui pada kiriman lagu X.U di Isamu no Heya sebelumnya.

  7. Menyiapkan takarir (teks lirik)

    Dalam proyek ini, saya kembali menggunakan format .ass untuk takarir, karena setiap teksnya bisa digayakan dan diposisikan sesuka kita. Seperti biasa, saya menggunakan aplikasi Aegisub untuk membuatnya. Kali ini proses pembuatan takarir pun jauh lebih cepat, karena hanya ada lirik bahasa Indonesianya, sedangkan pada proyek video musik sebelumnya selalu ada lirik romaji, kanji, dan terjemahannya yang ditampilkan bersamaan dengan gaya yang berbeda-beda.

    Informasi lebih lanjut mengenai proses pembuatan takarir ini dapat kalian temui pada kiriman tutorial subtitle di Isamu no Heya sebelumnya.


    Tampilan aplikasi AegiSub.
  8. Menggabungkan audio, video, dan takarir

    Langkah terakhir adalah menggabungkan segalanya. Pada tahap ini saya kembali menggunakan aplikasi MKVToolNix. Di sini kalian hanya perlu menyeret semua berkas yang ingin digabungkan, lalu aplikasi akan menggabungkannya (melakukan muxing), dan menghasilkan berkas berformat .mkv yang bisa kalian mainkan di pemutar video kalian.

    Langkah tambahan adalah menjadikan takarir ini melekat langsung ke videonya (melakukan hardsub) agar bisa diputar pada aplikasi yang tidak mendukung softsub format .ass, termasuk agar bisa diunggah ke Youtube dengan hasil yang sama. Seperti proyek video musik yang sebelumnya, saya kembali menggunakan aplikasi MediaCoder dengan AviSynth sebagai pembaca videonya untuk melakukan hardsub dan menghasilkan video dengan format H.264 (AVC).

Dan, inilah video hasil akhirnya yang telah diunggah ke Youtube. Selamat menyaksikan! O ya, berhubung ini adalah proyek vocaloid saya yang pertama, saya sebelumnya meminta maaf bila ada nada yang kurang pas atau pengucapan yang kurang jelas.

Hatsune Miku - "Masa Depan"

Tonton langsung di Youtube atau unduh (download) berkas video dan takarirnya di Mediafire


Lirik lagu "Masa Depan"

Terjemahan lagu "Mirai e" - Indonesian translation

* Coba, di bawah kaki kaulihatlah Jalan yang baru saja engkau lalui Coba, di depan kaulihatlah Masa depan yang telah menantimu Ibu telah berikan begitu banyak kasih sayang "Hiduplah dengan cinta," padaku selalu kausampaikan Dulu saatku kecil, makna pesanmu belum bisa kupahami Engkau mengenggam tanganku, mengajak Melangkah maju bersama Impian selalu berada di langit tinggi Maka dari itu, meski takut, kita harus tetap menggapainya Dalam kisah hidup kita, tak boleh sampai terpikirkan putus asa Saat kumulai ragu, engkau pun mengajak Melangkah maju bersama Meski ada kalanya kubenci sikap ibu Tanpamu, ku tak bisa sekuat ini Ulangi * Meski ada kalanya kubenci sikap ibu Tanpamu, ku tak bisa sekuat ini Ulangi * Ulangi * Masa depan perlahan juga pasti akan kita raih...

Unduh


Pada Mediafire saya di http://www.mediafire.com/furu_isamuminamoto, dapat Anda temukan:
- Subtitle berupa lirik (terjemahan) dalam bahasa Indonesia (.ass) Bila Anda sudah memiliki video mentahnya, Anda bisa mengunduh berkas takarirnya saja. Ini adalah berkas takarir bergaya yang menghasilkan teks sama persis dgn video di atas. Anda perlu memasang font berikut pada komputer Anda untuk hasil tampilan terbaik: Monotype Corsiva. Disarankan untuk pemutaran di komputer. - Subtitle berupa lirik (terjemahan) dalam bahasa Indonesia (.srt) Bila Anda sudah memiliki video mentahnya, Anda bisa mengunduh berkas takarirnya saja. Ini adalah berkas takarir versi ringan tanpa gaya tulisan dan tanpa penempatan khusus. Disarankan untuk pemutaran di televisi atau pemutar video fisik lainnya. - Berkas video akhir bertakarir (.mkv) Video klip musik dengan lirik dan terjemahan yang sudah dihard-sub. Subtitle sudah dijadikan satu dengan videonya, hasilnya akan sama persis seperti video di atas, namun subtitlenya tidak dapat dilepas/dimatikan kembali. Terdapat dua jalur audio dalam berkas ini, dengan vokal dan instrumental saja. Disarankan untuk diunduh jika Anda belum memiliki video mentahnya.

Akhir kata


Demikian kiriman kali ini. Terima kasih telah membaca kiriman ini, dan semoga bermanfaat. Bila ada yang ingin kalian tanyakan, jangan ragu untuk menuliskan komentar di bawah.

Dan, seperti biasa, sampai jumpa di kiriman Isamu no Heya selanjutnya dan jangan lupa juga untuk selalu mendukung kami!