Navigasi

22 September 2017


Walkthrough Salah Sambung: Pendahuluan

Hai, sebelum kalian menjelajahi masing-masing walkthrough dan panduan yang ada di Isamu no Heya ini untuk mendapatkan achievement dari masing-masing akhir cerita (ending) di permainan Salah Sambung, akan baiknya kalian memahami formatnya terlebih dahulu.

Pada dasarnya, setiap halaman walkthrough terdiri dari tiga bagian, yaitu kop, tabel informasi akhir cerita, dan riwayat obrolan. Berikut penjelasan masing-masing bagian.

1. Bagian kop


Berikut ini adalah contoh dari bagian kop akhir cerita nomor 3:

3. Cowok Jujur


Waw jujur banget kamu, saluttt. Udah jarang loh spesies jujur kaya kamu diatas muka  bumi ini, pertahankann! :D


  • Di sebelah kiri adalah stiker yang muncul di halaman Achievement ketika sudah menyelesaikan akhir cerita ini.
  • Di tengah atas, yang berlatar jingga, adalah nomor urut akhir cerita ini di halaman Achievement, diikuti nama achievement-nya
  • Di tengah bawah, adalah penjelasan singkat untuk akhir cerita ini, yang muncul setelah kalian mengeklik gambar stikernya di halaman Achievement

2. Bagian tabel informasi


Berikut ini adalah contoh dari bagian kop akhir cerita nomor 3:
Titik akhir: 7, 13
Jumlah langkah: 4 - 5 kali
Titik wajib: 1 - 4 - 6
Rute rekomendasi: 1C - 4A - 6A - 7
Pilihan rute: 12 macam [Lihat]
Ringkasan rute: (1A - 2A)/(1B - 3B)/1C - 4A/4B - (6A - 7)/(6B - 13)

  • Titik akhir:
    Titik di mana kalian akan mendapatkan akhir cerita ini. Satu akhir cerita bisa berasal dari satu atau lebih titik. Semua titik-titik tersebut akan dituliksan di sini. Pada contoh di atas, akhir cerita nomor tiga bisa dicapai bila kalian tiba di titik 7 ATAU titik 13.
  • Jumlah langkah:
    Rentang jumlah titik yang harus dilalui untuk mencapai akhir cerita ini. Pada contoh di atas, akhir cerita nomor tiga bisa dicapai dengan mengunjungi paling sedikit empat titik (jalur terpendek), dan paling banyak lima titik (jalur terjauh).
    Biasanya jumlah langkah ini akan sesuai dengan berapa banyak kalian harus membalas pertanyaan Luna (atau NPC lain) hingga mencapai titik terakhir. Tentu saja dikurangi dengan titik terakhir, karena pada titik terakhir kalian tidak perlu memilih jawaban pertanyaan lagi. Dengan kata lain, pada contoh di atas, kalian cukup menjawab pertanyaan Luna sebanyak 3 - 4 kali untuk mencapai akhir cerita nomor tiga ini.
  • Titik wajib:
    Beberapa titik yang wajib kalian lalui untuk mencapai akhir cerita ini. Bila kalian tidak melalui titik-titik ini, bisa dipastikan kalian akan berakhir pada akhir cerita yang lain. Pada contoh di atas [1 - 4 - 6], akhir cerita nomor tiga bisa dicapai bila kalian melalui di titik 1, titik 4, DAN titik 6.
  • Rute rekomendasi:
    Rute dengan jalur terpendek pertama yang disarankan. Pada contoh di atas [1C - 4A - 6A - 7], akhir cerita nomor tiga bisa dicapai salah satunya dengan menjawab C (pilihan ketiga) pada titik 1, lalu A (pilihan pertama) pada titik 4, lalu A lagi pada titik 6. Setelahnya, kalian akan tiba di salah satu titik akhir cerita ini yaitu titik 7.
    Titik-titik dalam rute ini bersifat berurutan sehingga kalian dapat mengabaikan nomor titiknya ketika bermain. Misalnya, dengan memilih C, A, lalu A secara berurutan (tanpa memperhatikan nomornya) maka kalian akan tiba di akhir cerita nomor tiga ini.
  • Pilihan rute:
    Jumlah rute yang tersedia untuk mencapai suatu akhir cerita. Pada contoh di atas, akhir cerita nomor tiga bisa dicapai dengan mengikuti 12 rute yang berbeda-beda. Kalian dapat melihat keseluruhan rute yang tersedia dengan mengeklik tombol [Lihat]. Kalian dapat mengikuti salah satu dari berbagai rute yang tersedia di sini untuk mendapatkan akhir cerita yang sama. Format penulisan masing-masing rute ini sama seperti pada rute rekomendasi di atas.
  • Ringkasan rute:
    Ringkasan dari berbagai pilihan rute yang ada. Akhir cerita yang memiliki terlalu banyak rute, atau memiliki rute yang terlalu panjang dan kompleks kemungkinan besar tidak memiliki informasi ringkasan rute ini.
    Pada contoh di atas [(1A - 2A)/(1B - 3B)/1C - 4A/4B - (6A - 7)/(6B - 13)], kalian dapat memilih A, B, ataupun C pada titik 1. Jika kalian memilih A, kalian akan tiba di titik 2 di mana kalian harus memilih A. Sedangkan jika kalian memilih B, kalian akan tiba di titik 3 di mana kalian harus memilih B. Setelah melalui semua titik tersebut, kalian akan tiba di titik 4. Di titik ini, kalian dapat memilih A maupun B. Selanjutnya, kalian dapat memilih A ataupun B pada titik 6. Jika kalian memilih A, kalian akan tiba di titik 7. Sedangkan jika kalian memilih B, kalian akan tiba di titik 13.
Kalian dapat melihat cuplikan percakapan dan pilihan yang tersedia di masing-masing titik dengan menggunakan Simulasi Salah Sambung yang telah disediakan oleh Isamu no Heya.

3. Bagian riwayat obrolan


Pada bagian ini disajikan riwayat obrolan dari awal hingga akhir cerita. Jika pada bagian tabel informasi memiliki ringkasan rute, maka riwayat obrolan akan dibuat berdasarkan ringkasan rute ini. Jika tidak, maka riwayat obrolan akan dibuat berdasarkan rute rekomendasi.

Jika riwayat dibuat berdarkan ringkasan rute, kalian akan menemui kotak bertepi hitam semacam ini:
Gak lucu deh bercandanya...
Beneran mbak, coba dicek lagi aja nomernya
Eee, iya deh...
Tapi kamu siapa ya?
Lah kamu bukan Damon?

Kotak ini menandakan pencabangan. Setiap pilihan pencabangan akan dibatasi dengan garis abu-abu. Pada contoh di atas, setelah Luna berkata "Gak lucu deh bercandanya...", kalian akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu "Beneran mbak, coba dicek lagi aja nomernya", dan "Eee, iya deh... Tapi kamu siapa ya?". Kedua pilihan ini akan mendapatkan jawaban yang sama, apa pun yang kamu pilih, yaitu: "Lah kamu bukan Damon?"

Namun, ada kalanya masing-masing pilihan pencabangan akan memberikan jawaban yang berbeda. Jika kalian menemui pilihan semacam ini, kalian harus mengikutinya hingga garis abu-abu. Setelah itu, percakapan akan kembali ke luar kotak. Perhatikan contoh berikut ini:
Lah kamu bukan Damon?
Bukan, saya ga kenal Damon.
Oh. OK sorry.
Emm… Bukan
No idea who Damon is…
Oops, sorry... My bad!

087934587234 has left the chat


Pada contoh di atas, setelah Luna berkata "Lah kamu bukan Damon?", kalian akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu "Bukan, saya ga kenal Damon.", dan "Emm… Bukan No idea who Damon is…". Kedua pilihan di atas akan mendapatkan jawaban yang berbeda yaitu, "Oh. OK sorry." dan "Oops, sorry... My bad!", untuk masing-masing pilihan berturut-turut. Setelah selesai, percakapan dilanjutkan ke luar kotak, yaitu "087934587234 has left the chat".

Ada kalanya, di dalam suatu pencabangan, ada pencabangan lagi, seperti pada riwayat obrolan akhir cerita nomor empat. Saat menemui pencabangan bersarang semacam ini, setelah kalian masuk ke pencabangan di dalam, percakapan akan dilanjutkan ke kotak percabangan di luar terlebih dahulu sebelum kembali ke luar kotak.

Selain itu, terkadang akan muncul juga tulisan merah "Rute rekomendasi!" di sebelah kiri seperti ini:
Hah?
Ini siapa ya?
Ini loh, cewek paling kece sedunia hahaha...
Wow, cantik banget! <3
Ih, apaan sih?
Biasa aja kali...
Mmm... Maaf mbak, kayaknya salah sambung.

Dengan memilih pilihan bertanda "Rute rekomendasi!" ini (pilihan C pada contoh di atas), artinya kalian dipastikan akan mencapai akhir cerita dengan lebih cepat (rute terpendek).

Lihat pula

Kirimkan komentar

Silakan masukan komentar pada kotak teks yang tersedia, lalu klik tombol biru. Periksa kembali secara berkala untuk menemukan balasan terbaru. Anda mungkin tidak menerima notifikasi saat seseorang membalas komentar.