Navigasi

27 December 2017


Simulasi Permainan Salah Sambung dan Sekilas Mengenai Versi Rilisnya


Ikon baru aplikasi
Salah Sambung
Apa kabar para pembaca Isamu no Heya? Sebelum-sebelum ini kalian pasti sudah menemui banyak kiriman walkthrough dari permainan Salah Sambung. Masih berkaitan dengan Salah Sambung, kali ini Isamu no Heya memberikan sesuatu yang sedikit berbeda kepada para pembaca sekalian, yaitu sebuah simulasi yang dapat kalian mainkan sesuka kalian. Namun sebelum itu, mari kita bahas mengenai versi rilis terbaru permainan ini yang baru saja keluar.

Rilisnya aplikasi versi terbaru Salah Sambung


Jika kalian mengikuti Halaman Salah Sambung di Facebook, pastinya kalian sudah mengetahui bahwa pada versi rilis permainan Salah Sambung ini terdapat beberapa perubahan, baik secara cerita maupun dari fiturnya. Perilisan ini sendiri sempat mundur, dari awalnya dijadwalkan akan rilis pada bulan Oktober, hingga akhirnya baru bisa dirilis di bulan Desember ini. Pastinya pihak pengembang Rolling Glory Jam sudah menyiapkan fitur-fitur baru untuk dapat kalian mainkan. Apakah kalian sudah mencobanya?

Akhir cerita yang dihapus dan ditambah


Jika kalian melihat kiriman Isamu no Heya sebelumnya mengenai stiker achievement Salam Sambung, kalian pasti mengetahui bahwa permainan ini memiliki 24 akhir cerita yang berbeda-beda, di mana kalian dapat memperoleh stiker achievement jika menjalani rute tersebut hingga selesai.


Ke-25 pilihan akhir cerita pada versi rilis. Terdapat 4 akhir cerita dari versi aplha
berwarna merah yang dihapus, serta 5 akhir cerita baru di paling akhir.
Pada versi rilis ini tetap ada 24 pilihan akhir cerita yang dapat kalian mainkan, namun ada perubahan. Untuk akhir cerita yang dihapus sendiri ada empat buah yaitu:
  1. Gagal PDKT
  2. Cowok Ga Percaya
  3. Cowok Bakat Selingkuh
  4. Kok Jadi Gini
Gagal PDKT Cowok Ga Percaya Cowok Bakat Selingkuh Kok Jadi Gini

Namun jangan khawatir, kalian masih bisa memainkan keempat rute ini melalui simulasi yang dapat kalian temukan di akhir kiriman ini. Atau kalian juga bisa mengecek riwayat percakapannya melalui kiriman walkthrough sebelumnya, mulai dari akhir cerita #5 Gagal PDKT yang bisa kalian selesaikan dalam sembilan langkah saja, hingga akhir cerita #24 Kok Jadi Gini yang memerlukan waktu berhari-hari untuk diselesaikan.

Selain penghapusan, versi rilis Salah Sambung ini juga menambahkan akhir cerita baru sejumlah empat buah juga yaitu:
  1. Cowok Keceplosan^^
  2. Siapa Sih Dia?
  3. Foto Apa Itu?
  4. Percaya Setengah-setengah
Cowok Keceplosan^^ Siapa Sih Dia? Foto Apa Itu? Percaya Setengah-setengah

Pada bulan Oktober lalu sebelum aplikasi ini dirilis, pada halaman facebooknya sempat diumumkan bahwa ada satu lagi achievement baru, yaitu Cowok Penurut. Namun nampaknya akhir cerita ini ditiadakan, sehingga pilihan akhir cerita tetap berjumlah 24 sama seperti pada versi alphanya, tidak bertambah menjadi 25 seperti yang pernah diberitahukan sebelumnya.

Fitur titik mulai ulang yang baru



Pilihan titik mulai ulang
pada permainan Salah Sambung.
Terlihat di belakangnya tiga pilihan yang
salah satunya berlambang gembok,
menandakan In-App Purchase.
Bila tadi kita sudah membahas mengenai perubahan pada ceritanya, sekarang kita akan membahas perubahan fitur pada versi rilis. Fitur baru yang sudah diumumkan melalui halaman Facebooknya beberapa waktu sebelum versi rilis ini dikeluarkan adalah fitur titik mulai ulang.

Dengan adanya fitur ini, kalian dapat memulai ulang dari titik-titik yang sudah ditentukan oleh pengembang yang sudah kalian lalui sebelumnya, misalnya saat Luna berencana lari pagi atau saat Luna janji dengan mantannya di kampus. Jadi kalian tidak perlu memulai ulang dari awal jika telah menyelesaikan suatu rute.

Titik mulai ulang yang tersedia di antaranya adalah:
  1. Mulai dari awal ketika kita belum kenal
  2. Mulai ketika aku bercerita tentang mantanku
  3. Mulai ketika aku berencana lari pagi
  4. Mulai ketika aku janji dengan mantanku di kampus
  5. Mulai ketika aku janji dengan mantanku di tempat favorit
  6. Setelah aku pulang dari kost mantanku
  7. Setelah Inya menghubungimu
  8. Mulai ketika aku ingin bertemu mantanku untuk yang terakhir kalinya
Namun bila menurut kalian fitur tersebut masih kurang, kalian tentu dapat mencoba simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya di bawah ini. Melalui simulasi ini, kalian dapat pergi ke titik mana pun dalam permainan, baik yang sudah kalian lalui sebelumnya maupun yang belum, dan tentu saja untuk memulai ulang dari awal. Selain itu, kalian juga dapat membatalkan pilihan kalian yang terakhir dan kembali ke titik-titik sebelumnya untuk memperbaiki kesalahan pemilihan atau pun mencoba pilihan lainnya untuk mengetahui dampaknya pada alur cerita.

Foto dan album yang baru



Salah satu foto baru di album Jepang.
Karena adanya penambahan akhir cerita, tentunya juga ada album foto baru di versi rilis ini. Album foto yang baru di antaranya adalah:
  1. Kost Mantan
  2. Inya dan Luna
  3. Foto Bareng
  4. Jepang

Pembelian dalam Aplikasi (In-App Purchase) dan Iklan


Salah satu penambahan fitur lainnya adalah In-App Purchase (IAP). Bila selama ini kalian dapat memilih pilihan sesuka kalian, pada versi rilis ini ada beberapa pilihan yang dikunci, ditandai dengan adanya lambang gembok di sebelah kiri pilihan tersebut. Seperti yang sudah diinfokan di kiriman sebelumnya, kalian perlu membayar sebesar Rp 15.000 melalui Google Play untuk membukanya.

Selain membuka pilihan menuju rute akhir cerita yang berdurasi hingga tujuh hari waktu main, dengan membayar Rp 15.000, kalian tidak akan lagi disajikan iklan di tengah-tengah permainan kalian. Ya, iklan ini juga merupakan fitur baru di versi rilis ini. Ini akan menjadi pemasukan tambahan yang pasti untuk pihak pengembang, selain dari In-App Purchase yang bersifat opsional.

Konten eksklusif lain yang dapat kalian buka setelah melakukan In-App Purchase adalah kalian akan dapat melihat keseluruhan foto dari masing-masing albumnya Luna, tidak hanya yang Luna kirimkan pada kalian dalam percakapan. Umumnya ada tambahan empat foto di dalam setiap album, melengkapi dua foto yang sudah dikirimkan Luna kepada kalian.


Ikon aplikasi lama
Salah Sambung
Namun bila menurut kalian iklan tersebut agak menggangu, dan kalian tidak berniat untuk membeli konten eksklusifnya, kalian tentu dapat mengabaikan pembaruan aplikasinya dan tetap berada di versi alpha yang masih bebas iklan. Bila sudah terlanjur diperbarui, kalian dapat mengunduh dan memasang APK versi lama dari situs APKPure. Namun, perlu diingat pada versi alpha 0.7 ini semua pilihan yang pada versi rilisnya harus dibuka dengan In-App Purchase tidak tersedia. Atau, kalian juga dapat mencoba simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya di bawah ini, yang tentunya bebas iklan juga.

Simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya



PEMBARUAN:

Pesan permintaan dari Wastu via Facebook.


Atas permintaan Wastu dari Tim Rolling Glory Jam, simulasi ini telah diubah sehingga tidak dapat lagi menampilkan konten eksklusif yang hanya bisa diakses setelah melakukan In-App Purchase. Cuplikan percakapan terlampir di samping.

Perubahan simulasi ini meliputi:
- Penghapusan mode naskah yang menampilkan seluruh percakapan dalam permainan.
- Penghapusan fungsi pergi ke hari tertentu. Kalian masih bisa memainkannya berurutan.
- Penghapusan fungsi melanjutkan percakapan setelah mengeklik pilihan dengan IAP.
  Silakan lakukan In-App Purchase dan mainkan langsung di perangkat kalian.


Berikut ini adalah simulasinya. Alur cerita ini diambil dari versi alpha terakhir kedua sebelum rilis (chat 9). Selamat bermain!

Buka percakapan:  Luna  |  Inya 
Pergi ke titik tertentu
Simulasi permainan Salah Sambung dari Isamu no Heya
Mainkan di tab terpisah

Demikian kiriman kali ini. Sampai jumpa lagi di kiriman selanjutnya.

Lihat pula

Kirimkan komentar

Silakan masukan komentar pada kotak teks yang tersedia, lalu klik tombol biru. Periksa kembali secara berkala untuk menemukan balasan terbaru. Anda mungkin tidak menerima notifikasi saat seseorang membalas komentar.