Navigasi

21 September 2017


Stiker Achievement Aplikasi Salah Sambung


Ikon aplikasi
Salah Sambung
Halo, selamat datang kembali di Isamu no Heya. Apa kabar? Semoga para pembaca semua baik-baik saja ya. O ya, apakah kalian sudah membaca kiriman saya sebelumnya mengenai tata cara dan persyaratan membuat visa Jepang? Mau menginformasikan saja, bahwa ada sedikit perubahan informasi di sana, karena kini pengajuan visa Jepang tidak bisa lagi dilakukan di Kedutaan.

Pada kiriman kali ini, saya tidak membahas sesuatu yang berkaitan dengan Jepang lagi, namun beralih ke sesuatu yang lokal, buatan Indonesia. Kali ini saya ingin membahas permainan yang berjudul "Salah Sambung".

Asal-usul Salah Sambung


Salah Sambung adalah sebuah permainan simulasi obrolan di Android yang diterbitkan Rolling Glory Jam, sebuah tim yang terdiri dari empat orang yaitu: Anchi, Wastu, Hasby, dan Halida. Permainan tersebut awalnya dibuat untuk mengikuti Global Game Jam 2017 yang berlangsung pada 20-22 Januari 2017. Meskipun dibuat di awal tahun, permainan ini masih sering diperbarui. Berdasarkan informasi dari Google Play, permainan ini terakhir diperbarui pada 10 September 2017.


Tim Rolling Glory Jam di Roppan:
Anchi, Wastu, Hasby, dan Halida
Menurut tim asal Bandung ini, para pemain diharapkan dapat terombang-ambing perasaannya saat memainkan permainan ini bagaikan diterpa ombak. Ombak (Wave) sendiri merupakan tema dari Global Game Jam 2017.

Saat kiriman ini diturunkan, permainan ini sudah diunduh lebih dari lima ribu pengguna. Apakah kalian salah satunya? Jika iya, apakah kalian mewujudkan harapan dari tim Rolling Glory Jam tersebut? Yuk, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar.

Cara main Salah Sambung


Bagi para pembaca yang pernah melihat kiriman saya tentang cara mengunduh salinan stiker LINE ke komputer sebelumnya, kalian akan menemukan beberapa stiker dari permainan Mystic Messenger. Nah, permainan Salah Sambung ini kurang lebih serupa dengan Mystic Messenger.

Pada kedua permainan tersebut, kamu akan berperan sebagai karakter utama yang tiba-tiba dikirimi pesan. Namun jika di Mystic Messenger karakter utamanya adalah perempuan, di sini karakter utamanya adalah laki-laki. Di sini karakter utama akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang akan mempengaruhi jalan cerita. Perbedaan lainnya adalah bila di Mystic Messenger obrolannya lebih ke grup, di mana setiap grup bisa memiliki anggota, stiker, latar belakang, hingga ke musik yang khas dan berbeda-beda, di Salah Sambung obrolannya lebih personal ke lawan bicaranya karena tidak berupa grup, serta tidak ada musik dan latar belakang khusus.


Tampilan aplikasi Salah Sambung

Jalan cerita Salah Sambung


Cerita Salah Sambung dimulai ketika seorang gadis cantik bernama Luna (diperankan oleh Dinia R/Anchi) yang belum kamu kenal sebelumnya, tiba-tiba mengirimkan pesan padamu. Setelah memperkenalkan diri dan mengobrol lebih lanjut, dia menceritakan bahwa dirinya baru saja putus dengan mantan pacarnya bernama Damon, dan kini sedang mencari teman mengobrol baru.

Nah, di sini kamu dapat membalas obrolan Luna tersebut dengan berbagai pilihan jawaban yang telah disiapkan oleh pembuat permainan. Kamu bisa mengambil kesempatan untuk lebih mengenal Luna, ataupun malah semakin menjauh darinya. Sepanjang cerita kamu juga akan bisa mengobrol dengan teman-teman Luna yang lain, misalnya saja Inya, Andi, ataupun Mirekel. Setiap pilihan dapat membawa kalian ke akhir cerita yang berbeda.

Pilihan akhir cerita Salah Sambung



Halaman Achievement
Salah Sambung
Jika kamu sudah menyelesaikan suatu rute dan mencapai akhir cerita, kamu akan mendapatkan Achievement baru yang bisa kamu lihat di halaman Achievement. Pada halaman tersebut, terlihat ada 24 macam pilihan akhir cerita yang bisa dimainkan. Beberapa pilihan dapat mengarah ke satu akhir cerita. Jadi walaupun mendapatkan achievement yang sama, bisa jadi obrolan kalian dengan pemain lain bisa berbeda.

Setiap Achievement memiliki stiker lucu disertai penjelasan singkat mengenai rute tersebut. Nah, para pembaca Isamu no Heya sudah mendapatkan berapa achievement nih? Saat ini, saya sendiri baru memperoleh 17 dari 24 achievement yang ada. Beberapa achievement nampaknya memang sengaja dikunci dan tidak dapat dicapai pada pembaruan terakhir, karena memang aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan. Pada versi akhirnya pun, nampaknya beberapa rute cerita hanya dapat dibuka melalui In-App Purchase (IAP). Untuk itu, kalian harus membayar sebesar Rp 15.000 melalui Google Play pada pilihan-pilihan tertentu.

Stiker Achievement Salah Sambung


Nah, bagi yang penasaran bagaimana wujud stiker untuk masing-masing akhir cerita, saya akan memperlihatkannya pada kalian semua. Sedangkan untuk cara mendapatkan akhir cerita tersebut mungkin akan saya bagikan pada kiriman selanjutnya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ke-24 stiker yang ada.

Bohong Nanggung Cowok Ga Ambil Kesempatan Cowok Jujur Gagal Bohong
Gagal PDKT Cowok Pembohong Capek Bohong Beneran ditonton ga?
Cowok Pemalas Taki dan Mitsuha Cowok Ga Percaya Cowok Salah Langkah
Cowok Plin Plan Jadi Marahan Deh Siapa yang Salah Salah Jawab
Cowok SKSD Cowok Settle Cowok Bakat Selingkuh Cowok Kepedean
Cowok Ati-ati Cowok Kebanyakan Bercanda Cowok Berprasangka Kok Jadi Gini

Kalian dapat mengunduh stikernya satu-per-satu dengan mengeklik kanan dan memilih "Simpan gambar sebagai..." pada stiker yang kalian inginkan di atas.

Sedangkan untuk fotonya Luna, menurut deskripsi aplikasinya di Google Play, ada 40 lebih yang dapat kalian kumpulkan. Saya tidak membagikannya di sini, agar kalian juga masih tetap semangat untuk mencoba memainkan permainan dari Rolling Glory Jam ini.


PEMBARUAN:
Pada versi rilisnya, ada beberapa achievement yang berubah. Untuk informasi selengkapnya, baca di sini.


Stiker Salah Sambung untuk Telegram



Stiker Salah Sambung
untuk Telegram
Nah, bagi yang ingin menggunakan stiker-stiker tersebut di obrolan kalian yang sesungguhnya, Isamu no Heya juga sudah menyiapkan stiker yang bisa kalian pakai di Telegram. Untuk menambahkannya ke dalam koleksi stiker Telegram kalian, silakan buka tautan berikut melalui peramban atau dalam aplikasi Telegram kalian: https://t.me/addstickers/SalahSambung.

Bagi yang bertanya mengapa stiker ini disebarkannya di Telegram, bukan di aplikasi obrolan yang lebih populer seperti LINE, jawabannya adalah karena sebenarnya ikon pesawat kertas yang digunakan pada tombol kirim di permainan Salah Sambung ini adalah logo Telegram yang telah diubah warna latar belakangnya dari biru muda menjadi oranye.

Alasan lain yang lebih penting adalah kalian dapat menggunakan pak stiker ini gratis di Telegram. Sedangkan di LINE, "Creator" individu diharuskan menjual pak stikernya dengan harga termurah Rp2.400 untuk pasar Indonesia atau US$0,99 untuk pasar global. Karena gambar dari permainan ini bisa saya dapatkan gratis, nampaknya kurang pantas jika saya menjualnya kembali.


Ikon Telegram
Bagi yang sangat ingin menggunakan stiker ini di LINE, mungkin kalian dapat membujuk pihak pengembang untuk menerbitkan stiker-stiker ini di LINE. Rolling Glory Jam, pengembang aplikasi ini, dapat dihubungi melalui email jam@rollingglory.com atau di alamat Jalan Cisitu Indah II No. 17, Bandung, Jawa Barat 40135. Atau bisa juga dengan mengirim pesan ke Halaman Facebooknya di sini.

Walaupun demikian, saya sangat berterima kasih bila ada di antara para pembaca Isamu no Heya sekalian yang mau menyumbangkan donasi atas upaya ini dan untuk konten-konten yang lebih baik ke depannya. Informasi mengenai cari berdonasi dapat kalian baca di halaman Dukung Kami.

Akhir kata,


Terima kasih telah kiriman Isamu no Heya ini. Semoga konten yang telah disajikan ini dapat menambah pengetahuan para pembaca sekalian. Nantikan pula kiriman saya selanjutnya. Terakhir, selamat bermain dan semoga perjalanan kalian dengan Luna menyenangkan!

Lihat pula

Kirimkan komentar

Silakan masukan komentar pada kotak teks yang tersedia, lalu klik tombol biru. Periksa kembali secara berkala untuk menemukan balasan terbaru. Anda mungkin tidak menerima notifikasi saat seseorang membalas komentar.