Navigasi

23 August 2020


Stiker (stamp) dan video Tales of Crestoria, dan cara mengambil berkas aset lainnya

This post is also avaiable in English. The translated post can be found here: Tutorial: How to extract Tales of Crestoria stickers (stamps), videos, and more asset files.

Selamat datang kembali di Isamu no Heya. Apakah kalian sudah membaca kiriman sebelumnya mengenai Cara memetakan rute permainan novel visual berbasis Twine? Nah, pada kesempatan kali ini masih akan dibahas mengenai Permainan sih. Namun, bukan permainan secara umum yang dibuat dengan engine tertentu, tapi permainan secara khusus, yaitu Tales of Crestoria.

Sekilas mengenai Tales of Crestoria



Ikon aplikasi
Tales of Crestoria
Tales of Crestoria (テイルズ オブ クレストリア) adalah permainan seluler (mobage) terbaru dari Bandai Namco Entertainment yang dirilis 16 Juli 2020. Meski secara aplikasi dan servernya terpisah, tapi versi Jepang dan globalnya dirilis bersamaan. Akhirnya, jadi minim lokalisasi. Di permainan ini, suara masih diisi menggunakan bahasa Jepang, tidak diterjemahkan ke bahasa Inggris. Lagu temanya pun masih lengkap dengan vokalnya, tidak dibuat instrumental saja seperti pada seri Tales of sebelumnya.

Untuk jalan ceritanya sendiri, Tales of Crestoria berfokus pada dosa dan bagaimana karakter utama yang dikucilkan masyarakat karena telah melakukan dosa, disebut Orang Ternista (togabito — 咎我人), menemukan sahabat sepenanggungan untuk bertahan hidup dan memahami aturan dunia. Dalam perjalanannya, mereka akan diburu oleh Para Penindak (shikkou-sha — 執行者) serta mendapatkan perwujudan dosa dalam bentuk senjata, disebut Blood Sin, oleh seorang yang dijuluki Setan Ternista (togaoni — 咎我鬼).

Video dalam Tales of Crestoria


Kalian bisa memainkan daftar putar dari beberapa video yang telah saya unggah ke YouTube berikut ini untuk lebih mendapatkan gambaran ceritanya.

Playlist: "Tales of Crestoria" Codex Movies


Tonton langsung di Youtube

Di akhir kiriman ini akan dijelaskan juga bagaimana mengambil atau mengekspor berkas-berkas aset yang ada di dalam permainan Tales of Crestoria ini, seperti gambar, musik, percakapan, hingga video seperti ini.

Sarana komunikasi dalam Tales of Crestoria


Jika kalian memainkan mobage dari seri Tales of sebelumnya, kalian pasti menyadari ada banyak perkembangan di sarana komunikasi dalam Tales of Crestoria ini. Dalam Tales of Link misalnya, tak ada cara untuk berhubungan dengan pemain lain. Dalam Tales of The Rays versi Jepang, pemain memiliki board masing-masing yang bisa ditulisi oleh teman kita dengan mengunjungi room masing-masing. Kita dapat membalasnya di tempat yang sama, maupun melalui board milik mereka. Hal ini mirip dengan konsep Wall yang ada di Facebook dulu.


Tampilan menu obrolan dalam Tales of Crestoria

Di Tales of Crestoria, sarana komunikasinya adalah dengan menggunakan sistem obrolan (chat). Kalian bisa mengobrol dengan sesama teman (tab "Friend"), maupun di kamar terbuka yang dapat menampung hingga 500 pemain aktif (tab "World"). Selain itu kita juga bisa memulai percakapan grup dalam "Guild", serta berbicara kepada orang-orang yang sedang melawan musuh yang sama dalam "Raid".

Stiker (stamp) dalam Tales of Crestoria


Dalam setiap obrolan, kalian tak hanya bisa mengirimkan teks biasa saja (yang panjang karakter per kirimannya sudah jauh ditingkatkan dibandingkan Tales of the Rays), tapi bisa juga mengirimkan semacam stiker. Stiker ini dikenal dengan sebutan stamp di sini. Stamp ini berupa karakter-karakter dari seri Tales of sebelumnya (disebut "karakter kunci") maupun karakter-karakter asli dalam seri ini (disebut "karakter utama") yang disertai aneka teks yang berbeda-beda dan penuh warna.

O ya, jika kalian tertarik dengan stiker dari permainan seperti ini, mungkin kalian akan berminat membaca kiriman Isamu no Heya sebelumnya, yaitu: Stiker Achievement Aplikasi Salah Sambung.

Berikut keseluruhan 31 stamp yang ada di dalam Tales of Crestoria versi worldwide/global.

KANATA
Hi there!
MINT
Pretty please?
LEIA
Well pLEIA'd!
MEREDY
Hweel!
GUY
Enter the amazing...
RAVEN
Love ya, baby!
VICIOUS
Let's dance!
MIKLEO & SOREY
Yay!
ASBEL   I couldn't protect them... MISELLA
Is that MEAT?!
SHIRLEY
OK!
LEON
NO!
FARAH
No problem!
SOPHIE
?
KOR
I don't try, I DO!
RUCA
I'm sorry!
EIZEN
Oh?
MAO
Nice!
RITA
Sheesh...
CAIUS
Sounds good!
LUDGER & ELLE
Good luck!
LUKE
It's not my fault!
JUDAS
Unthinkable!
ZELOS
Hey, Honey
AEGIS
Stay strong!
YUNA
Adieu!
ORWIN
You got this
JUDE & MILLA
On it!
MARTA & EMIL
Thanks!
CLAIRE & VEIGUE
Clap Clap Clap
BARBATOS
Brraaaawwr!


Bagi kalian yang ingin mengunduh semua berkas gambar stiker yang ada di atas, kalian dapat mendapatkannya sebagai arsip .zip melalui tautan Mediafire berikut: https://www.mediafire.com/file/suhbnw4wcfeo5l9.

Cara mengambil berkas aset lainnya dalam Tales of Crestoria untuk Android


Berkas aset Tales of Crestoria disimpan pada direktori "download" pada User AppData. Tergantung versi Android kalian, namun kemungkinan jalur lengkapnya adalah: "/data/user/0/com.bandainamcoent.crestoria_ww". Untuk mengakses direktori ini tentunya kalian harus menggunakan perangkat yang sudah di-root. Tapi, bagi kalian yang mungkin masih ragu soal root, saya sarankan membaca kiriman Isamu no Heya berikut: Pengalaman menggunakan ponsel root, beserta alasannya.

Jika kalian sudah mendapatkan akses, kalian tinggal memindahkannya ke komputer bersistem operasi Windows untuk pemrosesean lebih lanjut. Struktur direktorinya sendiri bisa dibilang cukup rapi. Ada CHARACTER berisi model 3D baik karakter yang dapat dimainkan maupun musuh, MOVIE berisi full motion video yang digunakan sepanjang permainan maupun dalam cuplikan summon/gacha, SOUND berisi musik latar, efek suara, rekaman percakapan, serta UI berisi gambar dan efek.

Pertama-tama, yang perlu kalian lakukan adalah mengawamampatkan (uncompress) berkas-berkasnya. Seperti yang dijelaskan akderebur dalam forum XeNTaX, kalian dapat menggunakan TOCDec Tool dari akderebur (tersedia di sini). Cukup seret dan lepas direktori di atas (misalnya SOUND) ke aplikasi tersebut, dan hasilnya dapat kalian peroleh di direktori yang sama dengan akhiran "_unpack".

Selanjutnya, kalian harus mengekspor dan mengkonversi berkas "unpack" ini menjadi format berkas yang umum. Cara memproses untuk masing-masing jenis berkas aset ini cukup berbeda. Di bawah ini, saya akan menjelaskannya untuk berkas gambar/citra, suara/audio, dan film/video. Sedangkan untuk model 3D dapat ditemui di forum XeNTaX karena saya rasa sudah cukup jelas.

Cara memproses berkas gambar AIF, CSF, dan IPK dalam direktori UI Tales of Crestoria


Berkas gambar di Tales of Crestoria memiliki ekstensi AIF. Walaupun ekstensinya AIF, berkas ini bukanlah berkas audio hasil pengembangan Electronic Arts dan Apple yang biasa kita kenal, yaitu "Audio Interchange File". AIF di sini adalah semacam wadah (container) yang menampung berkas KTX. Begitu pula dengan CSF dan IPK. Ya, kali ini KTX sungguhan, yaitu "Khronos Texture".


Salah satu berkas gambar AIF dalam direktori UI Tales of Crestoria, fcst001_009.aif

Seperti yang dijelaskan di forum XeNTaX yang sama, untuk mengeluarkan KTX ini dari wadahnya, kalian dapat menggunakan TOCImgEx Tool dari akderebur (tersedia di sini). Cukup seret dan lepas satu berkas gambar ke aplikasi tersebut, dan hasilnya dapat kalian peroleh di direktori "Textures" dengan format "tex{urutan} - {lebar}x{tinggi} - {format warna}.ktx".

Permasalahan muncul ketika beberapa gambar memiliki resolusi dan format warna yang sama. Misalnya saja, untuk gambar adegan cerita utama (berkas dengan awalan "fcst") selalu memiliki ukuran 1684x972 piksel dan format warna RGB. Ketika kalian menyeret beberapa berkas ini berturut-turut ke TOCImgEx, kalian hanya akan menemukan satu berkas akhir di "Textures". Ini disebabkan oleh hasil terdahulu akan selalu tertimpa dengan hasil yang mendahuluinya karena memiliki nama yang sama.

Karena masalah itulah, saya juga menciptakan program sendiri yang dapat kalian gunakan: batch_toc_image_convert dari Isamu no Heya (tersedia di sini). Cukup letakkan batch_toc_image_convert di direktori yang sama dengan TOCImgEx dan berkas gambar yang ingin diproses, lalu jalankan, dan hasilnya dapat kalian peroleh di direktori "Textures" dengan nama berkas yang sama dengan berkas sumber aslinya, misalnya "stamp_0001_en_unpack.aif" akan menjadi "Textures/stamp_0001_en_unpack.ktx". Khusus untuk IPK yang kemungkinan singkatan dari image pack, hasilnya akan diberi akhiran angka, misalnya "stone2560.ktx", "stone2560_2.ktx", "stone2560_3.ktx" dan seterusnya. Tak perlu lagi melakukan seret dan lepas manual untuk setiap berkas yang ada, dan mengubah nama berkas hasil akhir satu per satu agar tidak tertimpa.

Langkah terakhir adalah mengkonversi berkas KTX ini menjadi format gambar yang umum. Untuk format warna RGBA yang mengandung transparansi disarankan dikonversi menjadi format PNG "Portable Network Graphics", sedangkan untuk yang lainnya dapat dikonversi menjadi format JPG "Joint Photographic Experts Group". Saya sendiri menggunakan Mali Texture Compression Tool (tersedia di sini) untuk konversinya.

Cara memproses berkas suara AAC dan SPK dalam direktori SOUND Tales of Crestoria


Berkas suara (audio) di Tales of Crestoria memiliki dua ekstensi, AAC dan SPK.

Berkas berekstensi AAC digunakan untuk musik latar belakang. Contohnya adalah "bgm_1000_menu_title.aac". Mereka adalah berkas audio Vorbis yang bisa langsung kalian dengarkan melalui pemutar multimedia kalian, tanpa proses ekstraksi dan konversi. Saya sendiri menggunakan Media Player Classic dengan K-Lite Codec Pack (tersedia di sini) untuk memutarnya.

Berkas berekstensi SPK digunakan untuk efek suara dan rekaman percakapan. Contohnya adalah "system_common_se.spk" dan "voice_main01001.spk". Untuk berkas ini kalian perlu menggunakan kembali TOCDec Tool. Hasilnya adalah sebuah berkas ISF yang didalamnya terdiri dari beberapa berkas lagi, seperti AAC, MPAC, dan MOU, yang saling dikonkatenasi secara utuh. Misal berkas pertama (A) berukuran enam dan berkas kedua (B) berukuran tiga, maka akan disusun menjadi AAAAAABBB. Contohnya, dalam "voice_main01001_unpack.spk" terdapat berkas "voice_main01001_045.aac", "voice_main01001_027.aac", dan "voice_main01001.mpac" secara berurutan.

Berkas-berkas tersebut harus dikeluarkan menjadi berkas yang berdiri sendiri. Cara yang saya gunakan adalah dengan memecahnya berdasarkan delimiter " CAA" yang selalu menjadi permulaan dalam setiap berkas AAC. Sayangnya, cara ini hanya berfungsi jika berkas AAC tersebut juga diikuti berkas AAC. Jadi, "voice_main01001_045.aac" dapat dimainkan karena bisa dipisahkan tepat sebelum string " CAA" milik berkas selanjutnya. Namun saat memproses berkas selanjutnya, tak ada lagi " CAA" yang tersisa. Akibatnya berkas "voice_main01001_027.aac" dan "voice_main01001.mpac" tidak dapat dipisahkan satu sama lain sehingga tidak dapat diputar dengan semestinya.

Saya sendiri menggunakan VGM Toolbox (tersedia di sini) untuk pemisahannya. Cukup buka menu Misc Tools > Extraction Tools > Generic > Advanced Cutter/Offset. Pada Criteria, gunakan " CAA" sebagai Search String. Pada Cut Options, centang Extract Files dan ketikkan ".aac" sebagai Output File Extension. Pada Cut Size Options, gunakan " CAA" juga sebagai Terminator String. Terakhir seret dan lepas berkas SPK yang diinginkan ke dalam VGM Toolbox. Hasilnya dapat kalian peroleh di direktori dengan nama sesuai berkas awal diakhiri "_CUT".

Cara memproses berkas video USM dalam direktori MOVIE Tales of Crestoria


Berkas film (video) di Tales of Crestoria memiliki ekstensi USM. Walaupun demikian ada dua jenis USM yang digunakan di sini, yaitu yang dengan trek tunggal, dan yang dengan trek berganda yang telah di multipleks (muxing).


Salah satu berkas video USM dalam direktori UI Tales of Crestoria, pickup_cp3001_01.usm

Berkas dengan trek tunggal hanya berisi video saja tanpa suara, digunakan untuk video cuplikan summon/gacha. Contohnya adalah "pickup_cp3001_01.usm". Kalian cukup membungkusnya kembali ke dalam sebuah wadah multimedia, dan video akan siap diputar. Saya sendiri menggunakan mkvtoolnix-gui dari Moritz Bunkus (tersedia di sini) untuk membungkusnya ke dalam format MKV. Cukup tambahkan berkas USM yang diinginkan ke dalam Source files pada menu Multiplexer, lalu klik Start multiplexing.

Sedangkan untuk berkas dengan trek berganda setidaknya memiliki trek video dan juga audio. Bahkan, ada juga yang dilengkapi takarir/subtitle. Berkas ini digunakan dalam jalan cerita sepanjang permainan. Contohnya adalah "mov001_001.usm". Berbeda dengan berkas dalam SPK yang langsung dikonkatenasi secara utuh, berkas dalam USM akan dikonkatenasi per bagiannya, bagian satu berkas pertama akan disambung bagian satu berkas kedua, baru ke bagian selanjutnya. Misal berkas video (A) berukuran enam dan berkas audionya (B) berukuran tiga, maka akan disusun menjadi AABAABAAB.

Jika kalian langsung membungkusnya, kalian hanya dapat memutar sekian detik pertamanya saja, yaitu bagian AA pertama sebelum B muncul pada pemisalan di atas. Yang diperlukan adalah memecah setiap bagiannya dan menempelkannya kembali dengan bagian selanjutnya dari trek yang sama, sehingga didapat berkas video dengan konten AAAAAA dan berkas audio dengan konten BBB. Saya sendiri menggunakan VGM Toolbox (tersedia di sini) untuk melakukannya. Cukup buka menu Misc Tools > Stream Tools > Video Demultiplexer. Pada Options, gunakan "CRI Movie 2" sebagai Format, lalu seret dan lepas berkas USM yang diinginkan ke dalam VGM Toolbox. Hasilnya dapat kalian peroleh di direktori dengan nama dengan ekstensi M2V untuk videonya dan HCA untuk audionya. Sayangnya tidak ada cara yang mudah untuk mengeluarkan takarirnya.

Berkas M2V sendiri adalah format MPEG "Moving Picture Experts Group" generasi kedua tanpa audio. Pemutar multimedia kalian seharusnya bisa memainkannya karena ini adalah format yang cukup umum. Saya sendiri menggunakan Media Player Classic dengan K-Lite Codec Pack (tersedia di sini) untuk memutarnya. Berkas HCA adalah format "High Compression Audio". Tidak semua pemutar multimedia mendukungnya. Saya sendiri menggunakan HCAデコーダ dari にゃが (tersedia di sini) untuk mengkonversinya menjadi berkas WAV.

Selanjutnya, cukup berikan nama berkas yang sama untuk video, audio, dan takarirnya. Saat membuka berkas videonya umumnya pemutar multimedia juga akan memainkan audio dan takarirnya secara bersamaan. Jika tidak, tentu saja kalian dapat memasukan mereka semua kembali ke dalam sebuah wadah. Saya sendiri menggunakan mkvtoolnix-gui dari Moritz Bunkus (tersedia di sini) untuk membungkusnya ke dalam format MKV. Cukup tambahkan berkas M2V dan WAV yang diinginkan ke dalam Source files pada menu Multiplexer, lalu klik Start multiplexing.

Penutup


Bagaimana, mudah bukan mengambil berkas-berkas aset dalam Tales of Crestoria? Jika ada hal yang kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini. Akhir kata, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di kiriman Isamu no Heya selanjutnya.

Kirimkan komentar

Silakan masukan komentar pada kotak teks yang tersedia, lalu klik tombol biru. Periksa kembali secara berkala untuk menemukan balasan terbaru. Anda mungkin tidak menerima notifikasi saat seseorang membalas komentar.