Navigasi

01 August 2020


Cara memetakan rute permainan novel visual berbasis Twine

Apa kabar semuanya? Kalau sebelumnya di sini ada dua buah kiriman terjemahan berbahasa Inggris berturut-turut, di awal Agustus ini Isamu no Heya kembali dengan kiriman yang benar-benar baru. Ya, sesuai judul kiriman ini, saya akan bagikan program kecil buatan saya yang berkaitan dengan Twine.

Apa itu Twine?



Logo Twine
Sebelumnya, saya jelaskan dahulu mengenai Twine. Menurut situs web resminya di twinery.org, Twine adalah sebuah alat sumber terbuka untuk menceritakan kisah interaktif nonlinear. Untuk sebuah kisah sederhana, bahkan kita tidak perlu menuliskan kode pemrograman, dan hasil terbitannya adalah sebuah HTML yang bisa dibuka di sistem apa pun. Twine sendiri awalnya dibuat oleh Chris Klimas pada tahun 2009.

Permainan apa yang menggunakan Twine?


Jawabannya banyak. Dari yang sederhana seperti fiksi berbasis teks, simulasi obrolan, hingga novel visual. Pada saat kiriman ini dibuat saja, Interaction Fiction Database (IFDB) sudah mendaftarkan 1500-an permainan berbasis Twine. Beberapa di antaranya dapat kalian mainkan secara gratis, langsung melalui peramban.

Sekitar akhir tahun 2017 lalu, sempat dibahas mengenai permainan Salah Sambung di sini, mulai dari walkthrough hingga ke simulasinya. Nah, Salah Sambung ini juga merupakan salah satu contoh permainan berbasis Twine.

Sekilas mengenai Twine Tool


Kembali ke program yang sempat saya sebutkan di atas, program kecil ini saya beri nama Twine Tool dan kode sumbernya terbuka dan tersedia di Github.

Twine Tool sendiri merupakan hasil tulis ulang dari program yang saya gunakan untuk menghasilkan walktrough Salah Sambung, di mana awalnya pengolahan dilakukan di sisi server, menggunakan bahasa PHP, dan dengan fungsi lebih dikhusukan untuk permainan tersebut. Namun kini di Twine Tool, pengolahan berada di sisi klien, menggunakan bahasa Javascript, dan dengan fungsi untuk permainan berbasis Twine pada umumnya.

Nah, karena adanya perubahan sisi pengolahan inilah, lokasinya pun saya pindahkan dari 000webhostapp.com ke github.io. Walaupun, sebenarnya ada alasan lain juga yang menyebabkan saya memindahkankan, yang akan saya bahas pada kesempatan lain.

Twine Tool sendiri terdiri dari dua program, yaitu JSwine dan Route Finder. Saya akan menjelaskan kegunaan dari masing-masing dari mereka.

JSwine



Tampilan JSwine (kiri) dan hasil konversinya setelah dibuka kembali di Twinery (kanan)

Yang pertama adalah JSwine. Saya menamainya demikian karena merupakan gabungan kata (portmanteau) dari JSON dan Twine, yang sebenarnya juga terinspirasi dari alat serupa yang bernama Twison.

Dalam membuat walkthrough Salah Sambung dulu, saya menggunakan alat ini untuk melihat ada berapa akhiran yang tersedia dalam permainan, berapa jumlah akhiran baik (good ending) dan akhiran buruk (good ending)-nya, dan di manakah titik akhir masing-masing akhiran.

Ya, JSwine dapat mengubah berkas JSON hasil ekspor dari Twine 2 yang biasanya disertakan sebagai sumber daya dalam permainan serupa novel visual, kembali menjadi proyek aslinya untuk mendapatkan gambaran umum dari keseluruhan rute yang tersedia. Kalian juga dapat mengubah alur cerita, mengekspor kembali dengan bantuan Twison, menimpa berkas JSON di permainan tersebut, dan jadilah rute kalian sendiri!

Berikut cara menggunakannya:
  1. Buka https://williamsp.github.io/twine_tool/jswine
  2. Dengan JSON dari novel visual yang sudah disiapkan, lakukan antara:
    • Klik Unggah, lalu jelajahi dan buka berkas JSON tersebut, ATAU
    • Salin dan tempel isi JSON tersebut ke dalam kotak di atas
  3. Klik Konversi
  4. Isi XML proyek Twine akan ditampilkan dalam kotak di bawah
  5. Klik Unduh untuk mendapatkan berkas proyeknya
Berkas yang telah diunduh ini dapat dibuka kembali pada Twine Editor yang Anda gunakan. Misalkan, pada Twinery v.2 ada dapat melakukannya dengan cara mengeklik "Import From File" dari menu yang ada di sebelah kanan.

Route Finder



Tampilan Route Finder
Alat yang kedua adalah Route Finder. Dalam membuat walkthrough Salah Sambung dulu, saya menggunakan alat ini untuk membuat cuplikan percakapan dan pilihan apa saja yang harus diambil untuk mencapai dari masing-masing akhiran.

Ya, sesuai namanya, kalian dapat menggunakan Route Finder untuk mencari rute untuk mendapat akhir cerita tertentu dalam novel visual berbasis Twine, cukup dengan memasukkan titik akhir yang sudah kalian dapatkan sebelumnya melalui alat JSwine di atas.

Berikut cara menggunakannya:
  1. Buka https://williamsp.github.io/twine_tool/route_finder
  2. Masukkan passage ID (PID) dari titik awal dan titik akhir dari rute yang diinginkan
  3. Pilih salah satu opsi yang tersedia, antara:
    • Berhenti setelah pertama kali menemukan jalur rute (baku), ATAU
    • Teruskan hingga mendapatkan rute dengan jalur terpendek (perlu pemrosesan lebih lama)
  4. Dengan JSON dari novel visual yang sudah disiapkan, lakukan antara:
    • Klik Unggah, lalu jelajahi dan buka berkas JSON tersebut, ATAU
    • Salin dan tempel isi JSON tersebut ke dalam kotak di atas
  5. Klik Hasilkan
  6. Rute akan ditampilkan dalam kotak di bawah
  7. Jika ingin menyimpan hasilnya, klik Unduh

Penutup


Sekian dulu kiriman kali ini. Semoga membantu ya, dan sampai jumpa di kiriman selanjutnya!

Kirimkan komentar

Silakan masukan komentar pada kotak teks yang tersedia, lalu klik tombol biru. Periksa kembali secara berkala untuk menemukan balasan terbaru. Anda mungkin tidak menerima notifikasi saat seseorang membalas komentar.